Cegah Hipertensi, Relawan FIK UI Berikan Penyuluhan di Kampung Naga

 

Cegah Hipertensi, Relawan FIK UI Berikan Penyuluhan di Kampung Naga

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melakukan pengabdian masyarakat di Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu,Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada 28-30 November 2019.

Dr. Enie Novieastari,S.Kp.,MSN, Ketua Tim kegiatan ini mengatakan, perilaku sehat harus ditanamkan sejak dini, agar tercipta masyarakat yang sehat di masa datang. Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Dies Natalis FIK UI yang ke 34 Tahun.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang kami berikan yaitu penyuluhan pencegahan hipertensi pada masyarakat yang rentan, materi hipertensi sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat karena berdasarkan skrining kesehatan yang dilakukan oleh Tim Pengmas FIK UI didapatkan sebanyak 42%  dari 72 orang menderita Hipertensi, penyuluhan disampaikan dalam bahasa sunda sehingga masyarakat mudah memahami materi yang disampaikan. Selain penyuluhan, kami juga memberikan pelatihan enam langkah mencuci tangan pakai sabun, skrining kesehatan anak-anak dan warga, serta pelaporan hasil skrining kepada pihak desa. Penyuluhan dilakukan tidak hanya dengan pemberian materi, namun juga secara kreatif bermain ular tangga PHBS, sehingga anak-anak belajar dengan fun dan bahagia. Tema kegiatan ini adalah pembentukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak sekolah”. jelas Enie Novieastari di Kampung Naga, Jumat 20 November 2019.

Ade Suherli, Pakuncen Kampung Naga menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, di kampung Naga tidak ada, sedangkan pelayanan kesehatan lainnya jauh dari kampung. Sebab itu kegiatan ini sangat bermanfaat.

“Kami sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa FIK UI ini, karena di Kampung Nagatidak ada Posyandu, sehingga informasi kesehatan tentu akan sangat bermanfaat untuk warga, dan semoga kerja sama dengan UI dapat terus berlanjut.” Terang Ade Suherli.

Sementara itu Dekan FIK UI, Agus Setiawan, S.Kp.,MN.,DN yang juga dilokasi kegiatan pengabdian masyarakat ini mengatakan, FIK UI ingin menjadi bagian dalam menyehatkan bangsa Indonesia. Pada kegiatan kali ini, tim yang terlibat adalah 38 orang yang terdiri dari 6 dosen dan 32 mahasiswaekstensi angkatan 2018.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud kontribusi FIK UI dalam mendukung pembangunan kesehatan  Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya yang kami punya dan masyarakat.  Ini tahun pertama FIK UI melaksanakan Pengabdian Masyarakat ke Kampung Naga.Sebelumnya kami lebih banyak melakukan pengkajian keperawatan lintas budaya” terang Dekan FIK UI.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: