Dekan FEB UI Menjadi Pembicara Konferensi Akreditasi Tahunan AACSB Asia Pasifik

 

Dekan FEB UI Menjadi Pembicara Konferensi Akreditasi Tahunan AACSB Asia Pasifik

Dekan FEB UI Menjadi Pembicara Konferensi Akreditasi Tahunan AACSB Asia Pasifik

 

DEPOK – (8–19/6/2022) Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB) rutin menyelenggarakan konferensi akreditasi tahunan untuk wilayah Asia Pasifik (Annual Accreditation Conference: Asia Pacific atau AACAP). Pertemuan di Singapore Management University (SMU) pada 8-19 Juni 2022 menjadi spesial karena merupakan konferensi Asia Pasifik pertama yang diadakan secara luring setelah pandemi Covid-19. Tidak heran 15 negara hadir dalam konferensi tersebut, yang terbanyak dari sejarah penyelenggaraan pasca pandemi.

AACAP menjadi ajang pertemuan, berbagi, dan jejaring anggota AACSB, baik yang sudah lama terakreditasi, baru terakreditasi, maupun dalam proses akreditasi. Bukan hanya dengan anggota, peserta konferensi juga berkesempatan untuk dapat berdiskusi dan berjejaring dengan figure-figur penting pengambil kebijakan di AACSB.

Hadir dalam konferensi ialah Stephanie M. Bryant Executive Vice President and Chief Accreditation OfficerGeoff Perry EVP and Chief Officer Asia PacificAmy Memon Regional Head sekaligus liaison officer FEB UI, dan Liyan Chen Senior ManagerAccreditation and Member Services. Dua dari tiga Peer Review Team (PRT) FEB UI juga hadir, yaitu Professor Michael Ewing yang juga menjadi pembicara pada salah satu sesi dan Professor Viput Ongsakul sebagai peserta. Satu anggota PRT yang lainnya, yakni Prof Kangjuan Lyu dari Shanghai University tidak dapat hadir dikarenakan situasi COVID di China.

Sesi utama konferensi tahun ini berfokus pada review 2 tahun penerapan standar baru AACSB 2020 yang dibawakan oleh Stephanie M. Bryant dan Geoff Perry; serta sharing dari berbagai pimpinan sekolah bisnis Asia Pasifik dengan berbagai tema dari benchmarking hingga berbagai inovasi pembelajaran selama pandemi.

Dekan FEB UI Teguh Dartanto, PhD., mendapatkan kehormatan menjadi salah satu pembicara yang diundang pada konferensi ini. Walaupun masih dalam proses akhir akreditasi, Teguh diminta berbagi pengalaman dan pelajaran dari transformasi FEB UI dengan memanfaatkan benchmarking pada standar-standar dan institusi-institusi terakreditasi AACSB. Teguh berbagi panggung dengan Amir Mahmood, Dekan Western Sydney University, Australia, yang sudah terakreditasi AACSB.

Dalam paparannya, Teguh menyampaikan pentingnya praktik benchmarking pada proses transformasi FEB UI menjadi sekolah bisnis yang memimpin di tingkat nasional dan diakui di tingkat dunia. “Transformasi organisasi menjadi langkah krusial bagi FEB UI beranjak dari sekolah bisnis terbaik di Indonesia menjadi bereputasi di ranah internasional. Proses akreditasi AACSB memungkinkan FEB UI melakukan benchmark pada 15 standar AACSB yang komprehensif dan jejaring internasional AACSB untuk mencapai visi dan misi FEB UI,” kata Teguh.

Benchmarking tersebut dilakukan di setiap proses akreditasi AACSB, mulai dari eligibility hingga menjelang kedatangan PRT pada September 2022. “Walaupun telah menjadi anggota AACSB sejak 2007, eligibility FEB UI baru didapatkan di 2015. Selama tujuh tahun setelah itu, FEB UI terus melakukan perbaikan kontinu, dari mulai saya sebagai ketua prodi, ketua departemen, wakil dekan, pejabat dekan, hingga saat ini menjadi dekan. Saya hanya berharap tahun depan akan hadir di konferensi tahunan ini bukan sebagai pembicara, namun sebagai newly accredited school,” tutur Teguh disambut tepuk tangan meriah para peserta.

Konferensi ini juga dijadikan momen untuk melakukan pendekatan dan menyepakati detail  rencanan kunjungan PRT ke FEB UI tanggal 4–7  September 2022. Dekan dan Delegasi FEB UI yang terdiri dari Arief Wibisono Lubis, Ph.D. Wakil Dekan I Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. Dyah Setyaningrum Kepala Dean Office, Strategic Planning, Evaluation, and Monitoring – International Ranking atau DOSPEM–IR, Yeshika Alversia, MBA. Kepala Komite Akreditasi Internasional AACSB, dan Wahyu Jatmiko, Ph.D. Anggota Komite Akreditasi Internasional AACSB, bertemu secara langsung dengan Professor Michael Ewing dan Professor Viput Ongsakul. Pertemuan tersebut juga menyepakati Pre-Visit yang akan dilakukan Professor Viput pada 1–3 Agustus 2022 ke kampus FEB UI di Salemba dan Depok.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: