Departemen Manajemen FEB UI Gelar Pelatihan Analisis Data Menggunakan R

 

Departemen Manajemen FEB UI Gelar Pelatihan Analisis Data Menggunakan R

Departemen Manajemen FEB UI Gelar Pelatihan Analisis Data Menggunakan R

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (15-16/9/2021) Dosen Departemen Manajamen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Sigit Sulistiyo Wibowo, Ph.D., menjadi pemateri dalam Pelatihan Analisis Data Menggunakan R, dan dipandu Wahyu Jatmiko, Dosen Departemen Manajemen FEB UI, pada Rabu-Kamis (15-16/9/2021).

Pelatihan ini diperuntukkan bagi Departemen Manajemen FEB UI, meliputi dosen dan mahasiswa S-2 dan S-3. Melihat antusias peserta yang mendaftar sekitar 130 orang, maka pelatihan diadakan selama dua hari. Pada hari pertama yang hadir mengikuti pelatihan sebanyak 70 peserta dan hari kedua yang hadir  57 peserta.

Dalam paparannya, Sigit Sulistiyo Wibowo menjelaskan bahwa software R merupakan pengembangan dari bahasa S oleh John Chamber dan kawan-kawan di AT and T Bell Labs pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. R sering disebut juga sebagai ‘GNU S’ yaitu piranti open source dengan lisensi sesuai dengan GNU general public licence (GPL 2). Robert Gentleman dan Ross Ihaka (University of Auckland) menginisiasi pengembangan R.

Software R bisa diunduh secara gratis dan tersedia di platform apapun (Mac, PC, Linux) dan juga melalui R studio di web browser. Hal ini berarti kita memiliki akses ke R kapan pun dan di mana pun ketika kita membutuhkannya. R memiliki keunggulan diantaranya menghasilkan gambar berkualitas tinggi untuk publikasi, berbagai plot berguna mudah diproduksi, membantu pengolahan data secara efisien dan efektif untuk analisis statistik, menghasilkan penelitian yang dapat direproduksi, memberikan catatan yang tepat tentang bagaimana analisis dilakukan.

Selain itu, R selalu up to date. Ada banyak paket tersedia yang mengotomatisasi tugas-tugas tertentu. R dapat digunakan dalam bahasa pemrograman (seperti Python) atau dalam lingkungan script untuk analisis data. Maka dari itu, R banyak digunakan di penelitian akademis dan mendapatkan pangsa pasar di industri.

Langkah-langkah dasar yang kita bisa ketahui ketika mau belajar R, yaitu R console (tampilan pertama saat membuka R), bisa digunakan sebagai kalkulator, memahami variables and assignment dari suatu data, pengolahan data dalam bentuk vectors dan framefunctions dan scripts, instalasi dan loading packages, membuka dan membaca data, working directory, R studio projects, serta clean workspaces.

Sementara, apabila kita ingin visualisasi data di R bisa menggunakan 3 grafik dasar, yaitu (1) histogram, density plots, bar plots digunakan untuk menampilkan distribusi nilai variabel kontinyu dan diskrit; (2) boxplots digunakan untuk menampilkan distribusi nilai variabel kontinyu atau lebih erat dengan deskripsi statistik yang robust dan diperlakukan sebagai kelas tersendiri; (3) scatterplots digunakan untuk menampilkan data bivariate atau hubungan antara dua variabel. Biasanya digunakan dalam kasus dua variabel kontinyu, tetapi juga dapat digunakan meskipun dengan modifikasi tambahan, ketika satu variabel diskrit 3.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: