Doktor Fakultas Ekonomi Ilmu Manajemen

 

Doktor Fakultas Ekonomi Ilmu Manajemen

Fakultas Ekonomi berhasil meluluskan doktor di bidang Manajemen Pemasaran pada sidang promosi doktor tanggal 15 Juli 2014. Miharni Tjokrosaputro menjadi doktor pemasaran dan menjadi doktor ke 182 dari Program Studi Pascsarjana Ilmu Manajemen. Dalam sidang promosi Miharni berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul  “Efek Moderasi Etika Pemasaran Terhadap Hubungan CSR Dan Reputasi Perusahaan: Implikasi Pada Kinerja Pemasaran” di depan tim penguji yang dipimpin oleh Prof. Dr. Suroso dengan Promotor  Dr. Adi Zakaria Afiff, Dr. T. Ezni Balqiah dan Prof. Teddy Pawitra, Ph.D. Sedangkan Tim Penguji adalah Prof. Dr. Sofjan Assauri, Albert Widjaja, Ph.D., Dr. Bambang Wiharto, Dr. Ign. Heruwasto dan Dr. Nurdin Sobari.

Disertasi Miharni meneliti  mengenai etika pemasaran dan hubungannya dengan CSR, reputasi perusahaan dan implikasinya  pada kinerja pemasaran perusahaan. Kinerja pemasaran diukur melalui kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Adapun subyek penelitian ini adalah konsumen dari industri produk yang terdiri dari PT. Unilever Indonesia, Tbk, PT. Loreal Indonesia, PT.Procter and Gambel Indonesia, PT. Lion Wings Indonesia, dan PT. Kao Indonesia Chemicals. Penelitian ini dilakukan dengan mensurvey konsumen dari perusahaan tersebut.

Dari penelitian ini disebutkan bahwa keyakinan konsumen terhadap CSR memengaruhi reputasi perusahaan, etika pemasaran memoderasi interaksi keyakinan konsumen terhadap CSR dan reputasi perusahaan dengan pengaruh yang lebih besar pada kelompok dengan skor persepsi etika pemasaran dibawah rata-rata, dan persepsi konsumen terhadap etika pemasaran memoderasi interaksi reputasi dan kinerja pemasaran perusahaan terutama pada loyalitas pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa etika pemasaran sebagai isu etis dapat mendorong peran CSR menjadi sumberdaya nirwujud yang memberi pengaruh pada kinerja pemasaran perusahaan, dalam hal ini berupa kepuasan dan loyalitas pelanggan.

 

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: