Doktor Fakultas Ekonomi Ilmu Manajemen

 

Doktor Fakultas Ekonomi Ilmu Manajemen

Fakultas Ekonomi Progamstudi Ilmu Manajemen berhasil meluluskan doktor ke 183 dari jurusan Manajemen Stratejik. Sdr. Gerald Wiratmo S.A. Ariff berhasil memertahankan disertasinya yang berjudul“Grup Bisnis Indonesia: Strategi-Strategi Kesinambungan Semasa Krisis Keuangan 1998 Dan 2008” di depan tim pengusji pada tanggal 16 Juli 2014.

Disertasi  yang diajukan meneliti tentang usaha sebuah group perusahaan untuk bertahan dan melangsungkan usahanya selama masa krisis ekonomi dan politik selama tahun 1998 – 2008. Lebih dalam lagi penelitiannya, Sdr. Gerald menungkapkan bagaimana perusahaan perusahaan dalam suatu bisnis group  dapat melalui dua kondisi krisis ekonomi, yaitu Asian Financial Crisis (AFC) pada tahun 1997-1999 dan Global Financial Crisis pada tahun 2007-2009. Penelitian ini menguji bagaimana penerapan dari beberapa teori seperti  The Principal-Principal Theory, Dynamic Capabilities Theory, Institution Based View; dalam kaitannya dengan keberhasilan bisnis grup dalam melalui krisis.

Dari hasil penelitian didapat bahwa strategi yang diterapkan untuk menghadapi dua kondisi krisis tersebut ternyata sangat berbeda. Saat terjadi AFC, diterapkan strategi yang sangat prudent dan bisnis grup berupaya agar kondisi keuangan dari perusahaan-perusahaan dalam grup kembali baik dan mendapatkan kembali reputasinya. Sedangkan saat terjadi GFC, bisnis grup tersebut sangat agresif dalam strategi pertumbuhannya dengan menggunakan sumber pendanaan hutang sehingga bisa berdampak hilangnya kepercayaan dari pasar.

Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu Manajemen Stratejik, termasuk kemungkinan pengembangan konsep baru yaitu Quasi Governance. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas dari pengembangan strategi korporasi dalam kaitannya dengan perusahaan-perusahaan yang berada dalam suatu grup konglomerasi.

Sidang yang  diselenggarakan di Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Kampus FEUI Depok diketuai oleh Prof. Ari Kuncoro, Ph.D, dengan promotor Budi W. Soetjipto, DBA, Ko promotor 1-Sari Wahyuni, Ph.D., Ko promotor -2 Prof. Hendrawan Supratikno, Ph.D. Adapun Tim penguji adalah Dr. Adi Zakaria Afiff, Prof. Martani Huseini, Ph.D, Albert Widjaja, Ph.D., Dr. Lily Sudhartio dan Rofikoh Rokhim, Ph.D.

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Tags: