Dukung UMKM Naik Kelas, UKM Center FEB UI dan PT SMI Adakan Pelatihan UMKM Kriya “Strategi Manajemen Menuju Pasar Global”

 

Dukung UMKM Naik Kelas, UKM Center FEB UI dan PT SMI Adakan Pelatihan UMKM Kriya “Strategi Manajemen Menuju Pasar Global”

Dukung UMKM Naik Kelas, UKM Center FEB UI dan PT SMI Adakan Pelatihan UMKM Kriya “Strategi Manajemen Menuju Pasar Global”

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (1-2/10/2022) UKM Center FEB UI bekerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) mengadakan Pelatihan UMKM Kriya secara hybrid bertajuk “Strategi Manajemen Menuju Pasar Global” pada Sabtu (1/10) dan Minggu (2/10), di Hotel Santika Depok. Harapannya, pelatihan ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk bangkit dan siap menuju pasar global.

PT SMI (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang seluruh modalnya dimiliki sepenuhnya oleh Negara Republik Indonesia. Berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank, PT SMI memiliki mandat utama sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur nasional. Dengan begitu, perusahaan ini tidak diawasi oleh Bank Indonesia, tetapi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melengkapi fungsi perbankan.

Seiring dengan berjalannya kegiatan usaha sejak 2009, PT SMI turut mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mengoptimalkan manfaatnya bagi masyarakat melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang inovatif.

Bukan hanya sekadar untuk memenuhi regulasi, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT SMI Ramona Harimurti mengatakan bahwa kepentingan PT SMI sadar perlunya berbagi kepedulian sosial melalui kegiatan TJSL.

Terus mendukung upaya dalam mendorong UMKM daerah agar naik kelas dan keberadaan menjadi tombak pemberdayaan ekonomi, Ramona mengatakan, “PT SMI menaruh perhatian tinggi kepada UMKM, kami memperkuat komitmen tersebut dengan menyalurkan bantuan melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) pada 2021 lalu. Kami ingin program bantuan tersebut terus berlanjut.”

Dari bantuan tersebut, PT SMI sangat senang melihat pertumbuhan UMKM yang luar biasa. Hal inilah yang mendorong untuk bekerja sama dengan UKM Center FEB UI. Harapannya, kerja sama ini bisa terasa manfaatnya, baik dalam jangka pendek maupun panjang, oleh para peserta pelatihan.

Pelatihan menghadirkan pembicara Marsya Ramadhani (Pemilik Usaha Hooks & Go Crochet) untuk Sesi 1: Inovasi Bisnis; Dany Anwar (Pemilik Usaha Sepatu Batik “The Warna”) untuk Sesi 2: Manajemen Produksi; Fortuna Alvariza (Founding Partner FAIP Advocates and IP Counsels) untuk Sesi 3: Legalitas dan HAKI; Riene Mahardani (Pemilik Usaha Zee Collection) untuk Sesi 4: Manajemen Pemasaran; dan Rizky Luxianto (Dosen FEB UI dan Pelaku Usaha) untuk Sesi 5: Manajemen Keuangan.

“Keuangan adalah bahasa bisnis, sebuah pengetahuan untuk mengukur kekayaan, baik individu, perusahaan, maupun negara. Keuangan membantu menerjemahkan berbagai ide bisnis secara terukur dan menstrukturkan seluruh ide atau strategi bisnis,” ungkap Rizky.

Ia menjelaskan pentingnya mempelajari keuangan perusahaan (corporate finance) untuk meningkatkan profit, nilai perusahaan, dan kekayaan pemegang saham. Klasifikasinya terbagi dalam 4 tema utama, yakni (1) capital budgeting, memilih investasi yang menguntungkan bagi perusahaan; (2) capital structure, memilih menggunakan modal sendiri atau meminjam modal; (3) working capital management, memerhatikan likuiditas, persediaan, pengelolaan utang, dan aset jangka pendek; serta (4) analisis laporan keuangan.

PT SMI dan UKM Center FEB UI sebagai inisiator berharap pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini mampu memperkaya pemahaman para pelaku UMKM ataupun pegiat industri kreatif. Dengan begitu, akan membuka kesempatan baru agar produk UMKM semakin unggul dan dikenal luas melalui pemanfaatan teknologi digital secara berkelanjutan. (mh)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: