Eksis di Kancah Internasional APICTA (Asia Pacific ICT Alliance) Awards 2014

 

Eksis di Kancah Internasional APICTA (Asia Pacific ICT Alliance) Awards 2014

Fasilkom UI dengan dukungan dari FK UI berhasil meraih Merit Award untuk kategori Research & Development di ajang APICTA 2014. Dalam ajang ini, Fasilkom UI mempersembahkan karya e-Cardio yaitu sistem berbasis android yang terintegrasi untukĀ  pendeteksian dini dan monitoring penyakit jantung. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim dari Fasilkom UI yaitu Dr. Eng. Wisnu Jatmiko (Dosen pembimbing), Hanif Arief Wisesa, S.Kom; Grafika Jati, S.Kom; M. Anwar Ma'sum, M.Kom; dan Aprinaldhi, M.Kom serta dari FK UI yaitu Dr. dr. Budi Wiweko, dr. Riyan Hari Kurniawan dan dr. Bram Pradipta.

APICTA 2014 diselenggarakan di Jakarta, Indonesia pada tanggal 27-30 November 2014. APICTA ke 14 ini diikuti oleh 13 anggota economics yaitu Australia, Brunei Darussalam, China, China Taipei, Hong Kong, Indonesia, Macau, Malaysia, Pakistan, Singapore, Sri Langka, Thailand, dan Vietnam. Dengan total 183 karya, setiap anggota economics mengirimkan maksimal 3 karya dari 17 kategori yang dikompetisikan.

Ada dua macam award di dalam APICTA 2014 ini yaitu Winner dan Merit Award. Winner Award merupakan penghargaan dengan nilai tertinggi diatas nilai minimum yang dipersyaratkan. Sedangkan Merit Award merupakan penghargaan dengan nilai tertinggi kurang dari 5% terhadap nilai Winner Award dan diatas nilai minimum yang dipersyaratkan. Dengan kata lain, bila Winner Award dikatakan adalah juara pertama maka Merit Award adalah juara keduanya.

Diakui oleh Bpk. Eko K. Budiardjo (Dosen Fasilkom UI) bahwa tidak setiap tahun Fasilkom UI turut serta dalam kompetisi APICTA sehingga melalui karya ini diharapkan dapat menjadi kontribusi berharga dalam dunia kesehatan di Indonesia. Berikut adalah pernghargaan APICTA yang pernah diraih oleh Fasilkom UI:

  • Kategori Research & Development: APICTA 2002 (Winner Award) dan APICTA 2014 (Merit Award).
  • Kategori Tertiary Student Project: APICTA 2003 (Merit Award) dan APICTA 2012 (Merit Award).
Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: