FEB UI Selenggarakan Yudisium Virtual Semester Genap 2020/2021 Jenjang Sarjana bagi lulusan 643 Wisudawan

 

FEB UI Selenggarakan Yudisium Virtual Semester Genap 2020/2021 Jenjang Sarjana bagi lulusan 643 Wisudawan

FEB UI Selenggarakan Yudisium Virtual Semester Genap 2020/2021 Jenjang Sarjana bagi lulusan 643 Wisudawan

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (8/9/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI) menyelenggarakan Yudisium Virtual Semester Genap 2020/2021 Jenjang Sarjana pada Rabu (8/9/2021). Yudisium dilaksanakan dalam 2 rangkaian, yaitu Fakultas dan diteruskan ke Departemen/Program Studi.

Dimulai dengan laporan dari Wakil Dekan II Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FEB UI, Dr. Gede Harja Wasistha yang mewakili pimpinan bidang pendidikan, menyatakan kelulusan wisudawan FEB UI Jenjang Sarjana sebanyak 643 mahasiswa, yang terdiri dari 496 dari Program Reguler, 13 dari Program Paralel, 28 dari Program Ekstensi, dan 106 dari Program Kelas Khusus Internasional.

Wisudawan FEB UI dengan IPK tertinggi dicapai oleh Andriana Kusumaningrum dari Prodi Manajemen dengan IPK 3.97, Ivana dari Prodi Ilmu Ekonomi (IE) dengan IPK 3.96, Ruth Brenda Paulina dari Prodi Akuntansi dengan IPK 3.95, Marvela Ester Kurniawan dari Prodi Akuntansi dengan IPK 3.93, Yuke Fatihaturrahmah dari Prodi Ilmu Ekonomi Islam (IEI) dengan IPK 3.88, Muhammad Rizky Radhianityawan dari Prodi Bisnis Islam dengan IPK 3.77, Velina Nurfanida dari Prodi Manajemen dengan IPK 3.74.

Selain itu, masa studi tercepat, yaitu Jeffry Aldi Permana (Reguler dan Paralel) Prodi Manajemen dengan masa studi 2 tahun 11 bulan, Joshua Gunaydo Siemuel Prodi Ekstensi Akuntansi dengan masa studi 2 tahun 11 bulanKarinska Salsabila Priyatno Prodi KKI-Akuntansi dengan masa studi 3 tahun.

Wisudawan usia termuda, berasal dari Prodi Manajemen (Reguler dan Paralel) diraih oleh Ananda Puteri Zafira dengan usia 20 tahun 8 bulan, Prodi KKI-Manajemen diraih oleh Amyra Salsabela Yasser dengan usia 20 tahun 3 bulan, dan Prodi Ekstensi-Manajemen diraih oleh Indah Nadia Revora dengan usia 23 tahun 2 bulan. Terakhir, wisudawan usia paling senior, adalah Viska Wanti Arieska dengan usia 34 tahun 3 bulan dari Prodi Ekstensi-Manajemen.

Pj. Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D., memberikan sambutan bahwa Yudisium merupakan satu momen penting dalam kehidupan Anda, karena telah menyelesaikan masa studi di FEB UI. Setiap lulusan pastinya memiliki sebuah mimpi/harapan/goal masa depan yang hendak dicapai. Ada 3 hal yang patut Anda pegang agar mimpi/harapan/goal menjadi kenyataan, yakni (1) Growth Mindset, artinya sebuah pola pikir bahwa kita dapat terus berkembang dengan berbagai tantangan dan kerja keras. Ciri-ciri dari orang yang memiliki growth mindset antara lain pembelajar sejati dengan berani mencoba hal baru, berpikiran terbuka dengan menghargai kritik, tidak takut gagal selalu positive thinking; (2) GRIT, artinya sebuah sifat tabah, kokoh, pantang menyerah. Dua komponen utama GRIT berupa passion dan pilih karir dengan penuh ketekunan dan kegigihan; (3) Caring Others, artinya hidup jangan selfish, luangkan waktu, tenaga, pikiran dan sumber daya untuk membantu orang lain. Maka suatu saat semesta akan menolong Anda.

Mulai hari ini, Anda semua akan menjadi Alumni FEB UI. Kami berharap Anda tetap memegang teguh nilai-nilai dan menjaga nama baik almamater. FEB UI akan selalu membutuhkan support dari Alumni agar terus berkembang, relevan dan mampu menjawab tantangan masa depan. Kami mohon doa dan dukungan dari para alumni, semoga FEB UI dimampukan untuk menyelesaikan tahapan akreditasi AACSB dan di tahun 2022 FEB UI sudah accredited. “Kami mengucapkan selamat atas kelulusan mahasiswa S-1 FEB UI dan terima kasih kepada para orang tua/wali mahasiswa yang telah memberikan kepercayaan kepada FEB UI untuk mendidik mereka semuanya. Terima kasih juga kepada para dosen, tenaga kependidikan, ILUNI FEB UI dan seluruh pemangku kepentingan yang telah membantu kami mengantarkan para mahasiswa lulus hari ini,” tutur Teguh Dartanto di akhir sambutannya.

Mahasiswa perwakilan wisudawan dari Program Studi S-1 Reguler Manajemen FEB UI, Andriana Kusumaningrum menyampaikan Pada hari ini, kita secara resmi menanggalkan status mahasiswa dan mengemban amanah baru sebagai Sarjana Ekonomi. Berawal dari cita-cita untuk menempuh pendidikan di FEB UI, hingga kini akhirnya bisa menyelesaikan perjalanan, yang tentunya bukanlah perjalanan yang mudah. Setelah kurang lebih 4 tahun berjuang menuntut ilmu di FEB UI, kini saatnya bagi kita untuk melanjutkan fase kehidupan selanjutnya untuk menebar manfaat atas ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh, baik terjun ke dunia kerja, maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Saya mewakili para wisudawan mengucapkan terima kasih kepada segenap sivitas akademika FEB UI, karena selama menjalani pendidikan di FEB UI telah memperoleh ilmu pengetahuan dari dosen yang ahli di bidangnya, kesempatan untuk menyalurkan minat dan bakat melalui berbagai kegiatan mahasiswa serta difasilitasi dalam mengeksplor kesempatan di luar kampus melalui pertukaran pelajar/magang. Tentunya, bekal ini menjadikan kita sebagai SDM yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam menjalani kehidupan pasca perkuliahan. Selain itu, dukungan dari keluarga dan kerabat terdekat menjadi sumber motivasi bagi kita untuk menyelesaikan pendidikan dengan baik. Pesan dari saya adalah selalu menebar manfaat dimanapun kalian berada dan buktikan bahwa alumni FEB UI merupakan alumni yang berkualitas. Sebagaimana para pendahulu kita sudah berhasil membuktikannya di bidangnya masing-masing,” jelas Andriana.

Sekretaris Jenderal ILUNI FEB UI, Bendady Pramono, menuturkan “Selama ini, peran dari alumni FEB UI terhadap perekonomian Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Banyak tokoh-tokoh ekonomi di pemerintahan seperti Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan), Suahasil Nazara (Wakil Menteri Keuangan), Kartika Wirjoatmodjo dan Pahala Mansury (Wakil Menteri BUMN), Destry Damayanti (Deputi Gubernur Senior BI), Dody Budi Waluyo (Deputi Gubernur BI), Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Ph.D., tokoh senior yang masih aktif dalam memberikan sumbang saran bagi perekonomian Indonesia. Selain itu, para tokoh muda milenial juga banyak berkiprah dalam bidang digital, seperti Adrian Gunadi pendiri Investree, Alfatih Timur pendiri usaha crowd funding Kitabisa.com.”

Alumni FEBUI memiliki wadah organisasi untuk berkontribusi bernama Ikatan Alumni FEB UI (ILUNI FEB UI). Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh ILUNI FEB UI, diantaranya penulisan buku berjudul “INDONESIA 2045: Gagasan Ekonom Milenial Melihat Masa Depan”, sebagai match maker antara alumni yang sudah berada di dunia kerja/usaha dengan para mahasiswa yang baru lulus ingin berkarier ataupun mencari tempat magang, inovasi ekonomi, berbagai kegiatan gathering (breakfast forum, grup jaringan bisnis sesama alumni), kegiatan komunitas yang mendukung minat dan bakat, bekerjasama dengan ketiga pihak (Bank, Asset Management, dan Donatur) dengan pendekatan crowd funding untuk membiayai kegiatan giving back, gotong royong galang dana sebagai upaya membantu mengatasi pandemi, giving back ke FEB UI (September 2021 akan selesai renovasi 3 ruangan, menggalang partisipasi dari sponsor dan angkatan-angkatan lainnya untuk turut serta merenovasi ruangan lainnya di FEB UI).

“Saya mengajak bagi Anda lulusan FEB UI untuk bergabung dan mendaftar diri di wadah organisasi ILUNI FEB UI, melalui website ilunifebui.org/register. Selain itu, kunjungi media sosial di @ilunifebui. Kami keluarga besar ILUNI FEB UI mengucapkan selamat atas kelulusan kalian semua. Berbanggalah telah menjadi lulusan dari salah satu Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dan Asia. Selamat berkarya dan berbakti bagi bangsa dan Negara tercinta,” demikian Bendady menutup sambutannya.

Yudisium Departemen FEB UI

Yudisum Virtual FEB UI dilanjutkan dengan yudisium masing-masing Departemen, terdiri dari Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI menghasilkan lulusan Sarjana Ekonomi berjumlah 140 wisudawan. Terbagi dalam Prodi Ilmu Ekonomi menghasilkan 94 lulusan (47 wanita dan 47 pria, di dalamnya terdapat 49 berpredikat cumlaude). Prodi Ilmu Ekonomi Islam meluluskan 38 lulusan (19 wanita dan 19 pria, di dalamnya terdapat 21 berpredikat cumlaude). Prodi KKI-Ilmu Ekonomi 8 lulusan (6 wanita dan 2 pria).

Departemen Manajemen FEB UI menghasilkan lulusan Sarjana Ekonomi, berjumlah 267 wisudawan. Terbagi dalam Prodi Manajemen 169 lulusan (98 wanita dan 71 pria, di dalamnya terdapat 109 berpredikat cumlaude). Prodi Bisnis Islam menghasilkan 33 lulusan (19 wanita dan 14 pria, di dalamnya terdapat 11 berpredikat cumlaude). Prodi KKI-Manajemen menghasilkan 55 lulusan (26 wanita dan 29 pria). Prodi Ekstensi Manajemen menghasilkan 10 lulusan (7 wanita dan 3 pria, dengan 5 berpredikat cumlaude).

Departemen Akuntansi FEB UI menghasilkan lulusan Sarjana Ekonomi berjumlah 236 wisudawan. Terbagi dalam Prodi Akuntasi (Reguler dan Paralel) menghasilkan 175 lulusan (117 wanita dan 58 pria, di dalamnya terdapat 92 berpredikat cumlaude). Prodi KKI-Akuntansi menghasilkan 43 lulusan (28 wanita dan 15 pria). Prodi Ekstensi-Akuntansi menghasilkan 18 lulusan (10 wanita dan 8 pria, di dalamnya terdapat 1 berpredikat cumlaude).

Dari 106 lulusan Program KKI yang berada di Departemen IE, Manajemen, dan Akuntansi tersebut berasal dari jalur dual degree sebanyak 48 (dari University of Melbourne, University of Queensland, University of Amsterdam, University of Groningen dan University of Birmingham) dan single degree sebanyak 58. Selain itu, lulusan Program KKI meluluskan 34 berpredikat cumlaude (3 dari IE, 14 dari Manajemen, 17 dari Akuntansi, terdapat di dalamnya 15 merupakan lulusan double degree dan 19 merupakan lulusan single degree).

Yudisium FEB UI didukung oleh beberapa mitra yang telah menjalin kerjasama yang baik dalam hal pemberi hadiah, yaitu dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT. Paragon Technology and Innovation, dan KarirLab.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: