FIK UI Peduli Kesehatan Jiwa Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Cipinang

 

FIK UI Peduli Kesehatan Jiwa Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Cipinang

Departemen Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia bersama dengan sejumlah 56 mahasiswa Sarjana Reguler angkatan 2017 melaksanakan kegiatan Optimalisasi Kesehatan Jiwa di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta, pada 4-5 Desember 2019.

Kegiatan dibuka dengan sambutan penerimaan mahasiswa oleh perwakilan pihak Lapas Narkotika Cipinang pada Rabu (4/12). Menurut pihak lapas, ini merupakan kegiatan sosialisasi kesehatan jiwa pertama di dalam lingkungan Lapas Narkotika Cipinang, sehingga pihak lapas dengan antusias menerima kedatangan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan ini.
“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kondisi lapas narkotika secara langsung kepada 56 mahasiswa Sarjana Reguler, yang mana diharapkan pada akhir kegiatan, mahasiswa dapat mengkaji Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan memberikan intervensi keperawatan jiwa sesuai denga hasil pengkajian yang telah didapatkan. Selain itu, kegiatan ini memiliki tujuan untuk melihat tingkat stress dan tingkat kesahatan jiwa yang dimiliki oleh WBP yang berada di dalam Lapas Narkotika Cipinang” jelas Ice Yulia Wardani, M.Kep., Sp. Kep. J. sebagai perwakilan Tim Departemen Keperawatan Jiwa saat penerimaan mahasiswa dan tim pada Rabu, 4 Desember 2019.

Setelah dilaksanakan proses penerimaan oleh pihak lapas, mahasiswa diarahkan untuk langsung bertemu dan melakukan interaksi dengan Warga Binaan Pemasyarakatan. Jumlah WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang ikut dalam acara tersebut yaitu sebanyak 56 orang. Terlihat rasa antusias yang ditunjukkan oleh para WBP ketika interaksi berlangsung. Setelah melakukan interaksi, mahasiswa dan tim diarahkan oleh pihak lapas untuk mengunjungi bagian dalam dari Lapas Narkotika Cipinang. Mahasiswa dan tim diajak untuk melihat dan mengunjungi pusat program yang dimiliki oleh lapas guna memberdayakan WBP yang berada di dalam lapas. Selain itu, mahasiswa dan tim juga diajak mengunjungi dapur umum dan klinik utama yang terdapat di dalam lapas.

Pada hari Kamis, 5 Desember 2019, setelah melanjutkan rencana interaksi dan intervensi kepada WBP, dilakukan evaluasi yang diikuti oleh Ketua Lapas Narkotika Cipinang, Bapak Eddy Junaedi, Amd. IP., S.Sos., M.Si., sedangkan Tim Departemen Keperawatan Jiwa diwakilkan oleh Ns. Giur Hargiana, M.Kep., Sp.Kep.J. Evaluasi dilakukan guna melaporkan hasil pengkajian tentang kesehatan jiwa WBP yang sudah didapatkan dari kegiatan pada hari sebelumnya (4/12).

“Kami dari pihak Lapas Narkotika Cipinang Jakarta merasa sangat senang karena kedatangan mahasiswa dan tim Keperawatan Jiwa dari Universitas Indonesia untuk memberikan intervensi dalam rangka optimalisasi kesehatan jiwa WBP. Saya sebagai Kalapas berharap bahwa kegiatan ini tidak berhenti sampai sini, tetapi tetap berlanjut dengan rencana-rencana kegiatan lain yang akan diajukan oleh pihak Departemen Kesehatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia kepada Pihak Lapas Narkotika Cipinang” ujar Kalapas Eddy Junaedi, Amd. IP., S.Sos., M.Si.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: