Primary tabs

FIK UI Selenggarakan Pelatihan Manajemen Mutu Pelayanan Keperawatan

 

FIK UI Selenggarakan Pelatihan Manajemen Mutu Pelayanan Keperawatan

Pada SelasaKamis, 2123 Februari 2017, Divisi Ventura FIK UI menyelenggarakan PelatihanManajemen Mutu Pelayanan Keperawatandi Gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI. Pelatihan ini diadakan karena adanya tuntutan dari masyarakat mengenai peningkatan pelayanan yang sesuai kompetensi dan mengharuskan pelayanan keperawatan berbenah diri, mulai dari aspek asuhan, pelayanan keperawatan, dan pengendalian output pelayanan keperawatan.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berkompetensi di bidangnya, antara lain: Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc. (Guru Besar FIK UI);Dr. Rr. Tutik Sri Hariyati, S.Kp., M.A.R.S. (Konsultan, Periset dan Praktisi dengan fokus Manajemen Pelayanan dan Keperawatan dan Sistem Informasi Manajemen; Staf Pengajar FIK UI); Sugih Asih, S.Kp., M.Kep. (Kepala Bidang Keperawatan RSUP Fatmawati); Ns. Gortap Sitohang (Komite PPIRS RSCM-FKUI); dan Ns. Mustaqimah, M.Kep., Sp.Kep.An. (Pediatric Clinical Nurse Specialist).

Dalam kegiatan tersebut diberikan pemaparan terkait Prinsip, Metode dan Tindak Lanjut Audit Keperawatan; Pengenalan RCA, FMEA untuk Keperawatan; Safety dalam Pelayanan Keperawatan; Pengendalian dan Pengontrolan Infeksi dalam Pelayanan Keperawatan; Pendidikan Pasien dan Keluarga sebagai Indikator Pelayanan Keperawatan; Caring dan Komunikasi dalam Pelayanan Prima Keperawatan; Indikator Mutu Pelayanan Keperawatan dan Pengeloaan Mutu; Asesmen dan Dokumen Mutu Pelayanan Keperawatan; Decission Support System dan Quality Improvement Mutu Pelayanan Keperawatan; serta Dokumentasi Mutu Keperawatan Berbasis Komputer.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu melakukan audit keperawatan, mengenali RCA dan FMEA, mampu membuat sistem pengendalian dan pencegahan infeksi, mampu melakukan edukasi terhadap pasien dan keluargga, mampu menerapkan caring dan komunikasi efektif dalam pelayanan keperawatan, dapat menerapkan prinsip keselamatan kepada pasien dalam pelayanan keperawatan, dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, dapat melakukan assessment dan mendokumentasikan mutu pelayanan keperawatan, serta mampu menyediakan data-data indikator yang dibutuhkan dalam akreditasi RS dan meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di instansi masing-masing.

1     2

3     4

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: