FKG UI Laksanakan Kerja Sosial ke Daerah

 

FKG UI Laksanakan Kerja Sosial ke Daerah

Dalam rangka merealisasikan misi pengabdian masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (BEM FKG UI) menyelenggarakan kerja sosial pada 21—27 Juni 2014. Digelar setiap dua tahun sekali, kegiatan ini telah dilaksanakan di beberapa daerah, yaitu Bangka (2000), Padang (2002), Pontianak (2004), Lombok (2006), Banjarmasin (2008), Maluku Utara (2010), dan Sulawesi Tengah (2012).

Mengangkat slogan “Bersama Sehatkan Indonesia”, tahun ini BEM FKG UI melaksanakan kegiatannya di Lombok-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Terdapat empat wilayah yang menjadi fokus pelaksanaan, yaitu Kecamatan Suela di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Keruak di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Taliwang di Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kecamatan Lopok di Kabupaten Sumbawa.

Kerja sosial tersebut diikuti 45 mahasiswa klinik dan 64 mahasiswa preklinik. Mereka melakukan sejumlah kegiatan seperti pengobatan gigi dan mulut, penyuluhan gigi dan mulut pada anak, penyuluhan kesehatan gigi dan kesehatan umum (ISPA dan diare), dan sirkumsisi (khitanan). Dalam pelaksanaannya, program tersebut berjalan lancar dan mendapatkan sambutan baik dari masyarakat setempat.

Sebelumnya, pada 30 Mei–1 Juni 2014, mahasiswa tingkat dua FKG UI menyelenggarakan Jambore Bakti Sosial (Jambaksos). Kegiatan Jambaksos tahun ini dilaksanakan di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan yang diadakan salah satunya adalah Penyuluhan Pola hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dalam kegiatan ini, para ibu kader dan anggota PKK mendapatkan penyuluhan terkait pola makan sehat dan penyakit hipertensi.

Selain itu, diselenggarakan juga workshop yang mengajarkan pengolahan sampah sedotan plastik menjadi taplak meja. Ada pula bazar sembako dan baju bekas yang ditujukan untuk warga yang tidak mampu. Dana hasil penjualan kemudian diberikan kepada penduduk desa untuk biaya pembangunan atau perbaikan infrastruktur desa.  (Humas FKG)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: