FMIPA UI Bersama Perusahan Kimia Terkemuka Dunia Ajak Siswa-Siswi SD Jelajahi Keajaiban Dunia Kimia

 

FMIPA UI Bersama Perusahan Kimia Terkemuka Dunia Ajak Siswa-Siswi SD Jelajahi Keajaiban Dunia Kimia

Kamis (8/8) Departemen Kimia FMIPA UI berkolaborasi dengan BASF perusahaan kimia terkemuka di dunia, menginspirasi siswa-siswi sekolah dasar untuk menjelajahi keajaiban dunia kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui BASF Kids’ Lab pada 8-10 Agustus 2019, di Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin FMIPA UI - PT. Pertamina Persero, Kampus UI Depok.

Agus Ciputra, Presiden Direktur BASF Indonesia mengungkapkan kegiatan ini adalah kali pertama BASF berkolaborasi dengan perguruan tinggi di Indonesia.

“BASF Kids’ Lab mengajak anak-anak mengeksplorasi kimia dengan metode interaktif dan menyenangkan, sehingga menumbuhkan ketertarikan terhadap sains dan mengapresiasi kimia dalam kehidupan sehari-hari sejak usia dini,“ ujar Agus Ciputra

“Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Universitas Indonesia untuk mendorong rasa ingin tahu anak-anak dalam sains. Kegiatan ini membantu mempersiapkan mereka untuk mengikuti perkembangan sains dan teknologi yang sangat cepat di Indonesia dan di seluruh dunia.” tambahnya. 

Senada dengan Agus, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Dekan FMIPA UI menyambut baik kerja sama Departemen Kimia FMIPA UI dengan BASF. Dalam sambutanya, Prof. Haris menyampaikan bahwa Departemen Kimia FMIPA UI telah banyak menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, yang mampu bersaing secara profesional.

"Bersama BASF, kami memperkenalkan kimia sejak dini kepada siswa-siswi sekolah dasar agar mereka menyadari bahwa kimia menarik untuk dipelajari. Amat berkesan dan menyenangkan untuk diingat bahwa kimia selalu hadir dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari”. ucap Prof. Haris.

Disela-sela sambutanya, Prof. Haris juga menyelipkan interaksi kepada para siswa-siswi Sekolah Dasar. seperti menanyakan sesuatu di sekitar kita yang terbuat dari bahan kimia, perubahan di dunia sekitar yang terjadi akibat reaksi kimia. Kimia tidak terbatas pada tabung reaksi dan laboratorium saja.

"Jadi, kimia ada di sekitar kita, dekat dengan keseharian kita, bahkan ketika adik-adik lapar, menangis pun terjadi reaksi? kimia". imbuh Prof. Haris.

Tahun ini, sekitar 800 anak sekolah dasar akan melakukan eksperimen kimia yang aman dan sederhana dipandu oleh para pengajar dan mahasiswa UI, serta sejumlah relawan yang merupakan staf BASF. Eksperimen Kids’ Lab tahun ini mencakup Red Cabbage Indicator, Where is the Vitamin C?, Paper Chromatography.

BASF Kids’ Lab adalah program edukasi kimia yang gratis dan interaktif untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Melalui eksperimen yang menarik, aman, dan menyenangkan, program ini membantu anak-anak memahami peran kimia dalam kehidupan sehari-hari. Sejak diluncurkan di Jerman pada tahun 1997, BASF Kids’ Lab telah dilakukan di lebih dari 30 negara di dunia. Di Indonesia, sekitar 9.000 anak telah berpartisipasi sejak diperkenalkan pada tahun 2005.

Kategori Target Audience: 
Kategori Konten: