FMIPA UI Gandeng FMIPA ITB Gelar Uji Kesesuaian dan paparan Sinar-X Gratis di NTB

 

FMIPA UI Gandeng FMIPA ITB Gelar Uji Kesesuaian dan paparan Sinar-X Gratis di NTB

Laboratorium Fisika Medis dan Biofisika (LFMB) Departemen Fisika FMIPA UI dan Kelompok Keahlian Fisika Nuklir dan Biofisika (KKFNB) FMIPA ITB, menggelar kegiatan Uji Kesesuaian Pesawat Radiologi Diagnostik dan Intervensional serta kebocoran perisai radiasi akibat bencana Gempa, secara gratis di beberapa rumah sakit di Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 12-17 Agustus ini, merupakan program pengabdian masyarakat antara FMIPA UI dan FMIPA ITB yang dijalankan oleh Dr. Supriyanto A.P. selaku ketua LFMB Departemen Fisika FMIPA UI, bersama 2 prang penguji berkuaifikasi LFMB UI, dan Dr. Freddy Haryanto dari KKFNB ITB beserta staf.

Melalui kegiatan ini, kedua fakultas MIPA tersebut bermaksud untuk mengetahui efek bencana alam gempa terhadap keamanan fasilitas radiasi nuklir untuk kesehatan di beberapa rumah sakit pemerintah dan swasta yang melayani layanan BPJS.

Supriyanto menjelaskan, luaran dari program ini adalah pesawat yang laik pakai akan mendapatkan  sertifikat handal dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir Nasional (BAPETEN).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, kegiatan ini di danai oleh internal LFMB UI dan program pengabdian masyarakat ITB tahun anggaran 2019.

Kategori Target Audience: 
Kategori Konten: