Gerakan AMIR FKUI Pecahkan Rekor MURI

 

Gerakan AMIR FKUI Pecahkan Rekor MURI

Kegiatan GERAKAN AMIR “Ayo Minum Air”, AMIR Goes to Lubuklinggau, yang berlangsung pada Kamis-Minggu (18-21/5) lalu di Kota Lubuklinggau. Sumatera Selatan, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk “Edukasi Hidrasi Sehat secara Serentak di Lokasi dan Kepada Pelajar Terbanyak”. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini melibatkan 27 ribu pelajar tingkat sekolah dasar yang berasal dari 105 sekolah dasar yang ada di Kota Lubuklinggau. Penyerahan sertifikat MURI dilakukan langsung oleh Senior Manager MURI, J. Ngadri kepada Ketua IHWG yang juga merupakan Manajer Riset FKUI, Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), di Kompleks SDN 16 Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

IHWG adalah salah satu klaster riset di FKUI yang khusus bergerak dalam peningkatkan ilmu pengetahuan mengenai hidrasi (advancing in hydration sciences) dan menyediakan atau membagi pengetahuan terkait hidrasi dan kesehatan (sharing in hydration knowledge). Melalui IHWG, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama anak-anak akan pentingnya kesehatan ginjal yang harus diimbangi dengan kebiasaan mengkonsumsi air putih yang cukup, aktivitas fisik secara berkala, dan memilih gaya hidup sehat.

Pada kegiatan ini, IHWG FKUI bekerjasama dengan Pemerintah kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. AMIR merupakan akronim dari “Ayo Minum Air” yang merupakan sebuah ajakan untuk menggiatkan anak-anak agar cukup minum air. Tujuan utama diadakan kegiatan ini yaitu untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya perilaku hidup sehat termasuk hidrasi sehat pada masyarakat Lubuklinggau terutama pada usia anak sebagai upaya pencegahan berbagai macam penyakit.

Melalui program AMIR, IHWG mengeluarkan sebuah media edukasi berupa komik hidrasi dengan tokoh bernama Amir. Tokoh Amir digambarkan sebagai anak usia 5 tahun yang bersekolah di PAUD, tinggal bersama ayah, ibu yang sedang hamil, kakak sepupu serta kakek dan neneknya. Komik edukasi ini juga disisipkan materi berupa lagu dan games untuk anak anak yang dibagikan pada waktu pemberian edukasi.

Air merupakan bagian dari kehidupan manusia yang sangat penting. Bagi tubuh, air berfungsi sebagai pelarut, alat transportasi, pengatur suhu tubuh, pelumas (lubrikan), bantalan, dan media eliminasi sisa metabolisme serta mempertahankan struktur dan fungsi normal sel. Mengingat pentingnya fungsi air bagi tubuh, pada tahun 2014 Kementerian Kesehatan RI mencantumkan himbauan untuk meminum air putih dengan cukup dan aman sebagai salah satu pedoman dalam penetapan gizi seimbang.

“Kami berharap melalui gerakan AMIR ini maka dapat terbentuk kader-kader hidrasi sehat yang kompeten, sehingga pengetahuan masyarakat tentang pentingnya hidrasi sehat akan terus bertambah,” tutup Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K)(Humas FKUI)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: