Gerakan Sistolik: “Siap Tolak Hipertensi”

 

Gerakan Sistolik: “Siap Tolak Hipertensi”

Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia yang saat ini sedang menjalani praktik keperawatan komunitas di RW 09, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok, menyelanggarakan program penyuluhan kesehatan terkait hipertensi. Acara berlangsung pada hari Rabu, 5 April 2017, bertempat di Aula Masjid Nurul Bustan, Komplek Departemen Koperasi, Kelurahan Curug, Cimanggis, Depok.

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan data hasil pengkajian yang menunjukkan bahwa hipertensi masih menjadi masalah utama yang terjadi di lingkungan RW 09. Kegiatan ini mengangkat tema “Gerakan Sistolik: Siap Tolak Hipertensi.Acara penyuluhan ini merupakan rangkaian awal dari beragam kegiatan yang akan diselenggarakan kembali pada hari Minggu, 9 April 2017. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait hipertensi yang meliputi proses penyakit, penyebab, komplikasi, serta gaya hidup yang dapat mencegah dan mengatasi hipertensi.

Acara dibuka dengan pengukuran tekanan darah, tinggi badan, dan berat badan. Di tengah acara, para peserta dipandu oleh fasilitator bersama-sama menghitung Body Mass Index (BMI) untuk mengukur faktor risiko. Setelah itu, dilakukan permainan pemilihan menu sehat berdasarkan diet hipertensi. Acara ditutup dengan foto bersama dengan beragam slogan kampanye anti hipertensi.

Sementara untuk kegiatan pada Minggu, 9 April 2017 terdiri dari jalan sehat, kampanye rumah anti hipertensi, dan lomba memasak menu diet anti hipertensi. Kegiatan jalan sehat ini dilengkapi dengan kampanye anti hipertensi dengan penempelan sticker di setiap rumah sebagai ajakan untuk aktivitas fisik minimal 30 menit tiap hari dan melakukan pola hidup sehat. Lomba masak menu diet hipertensi menghadirkan juri dari dosen pembimbing, perwakilan panitia, dan nutritionist.

Kegiatan ini juga diisi dengan stand-stand menarik, antara lain stand cek kesehatan (glukosa, asam urat, dan kolesterol), stand edukasi kesehatan untuk anak-anak, stand foot care (pengecekan neuropati dan foot mapping), dan pameran foto.

Tujuan dari kegiatan jalan sehat dan lomba masak ini adalah sebagai bentuk aksi nyata untuk memerangi hipertensi. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kesehatan masyarakat melalui kegiatan keperawatan komunitas, terutama pada masyarakat di RW 09 kelurahan Curug Kecamatan Cimanggis Depok.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 110 warga yang datang dari berbagai kalangan usia. Untuk acara lomba masak, diikuti oleh peserta berjumlah 3-5 orang perwakilan setiap RT. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 06.30-11.30 WIB. Acara “Gerakan SISTOLIK” semakin semarak dengan adanya hadiah-hadiah menarik dari setiap cabang perlombaan, tidak lupa pembagian doorprize juga merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh warga. Panitia juga menyediakan photobooth bagi warga yang ingin berfoto dengan orang tercinta. Dan pada akhirnya, kegiatan ditutup dengan foto bersama mahasiswa dan warga.

1     2

3     4

5     6

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: