GNAM Week Day 4: Program Inisiatif Lingkungan dari Pegadaian

 

GNAM Week Day 4: Program Inisiatif Lingkungan dari Pegadaian

GNAM Week Day 4: Program Inisiatif Lingkungan dari Pegadaian

 

Fahmi Armanda Satria ~ Mahasiswa MM FEB UI

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (17/3/2022) Hari keempat pekan Global Network Week atau Global Network for Advanced Management (GNAM) yang bertemakan “Nurturing Green Growth to Reinforce Resilience and Sustainable Recovery” diisi oleh narasumber dari PT Pegadaian (Persero) secara daring, Kamis (17/3).

Session 1: Waste Into Gold: Innovative Green and Environmental Initiatives

Sesi pertama, pemaparan materi disampaikan oleh Direktur Jaringan, Operasional, dan Penjualan PT. Pegadaian (Persero), Damar Latri Setiawan, dengan moderator Yeshika Alversia, M.Sc., Dosen Departemen Manajemen FEB UI.

Damar Latri Setiawan menyampaikan bahwa Pegadaian memiliki program inisiatif lingkungan yaitu ‘Waste Into Gold’ atau dikenal dengan ‘The Gade: Clean and Gold’. Dalam program inisiatif tersebut, Pegadaian melakukan penyuluhan mengenai bahayanya limbah plastik kepada lingkungan, pelatihan mengelola sampah plastik agar bisa digunakan kembali, dan pembangunan fasilitas-fasilitas pengelolaan sampah seperti gedung bank sampah dan gedung pengelolaan sampah plastik. Program tersebut masyarakat bisa menukarkan sampah plastik ke Pegadaian dengan tabungan emas.

Jumlah nasabah yang menukarkan sampah dengan tabungan emas mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Misalnya, tahun 2020 sebesar 3966 nasabah, lalu menjadi 9148 nasabah di tahun 2021. “Melalui program ini, Pegadaian telah berhasil membantu mengurangi sampah plastik per tahunnya sebesar 613.792 ton pada 2021. Berkat program ini juga, Pegadaian mendapatkan banyak penghargaan atas kontribusi dan usaha dalam mengelola sampah plastik dan dampaknya bagi lingkungan di Indonesia,” demikian Damar menutup sesinya.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: