Guru Besar Fisika FMIPA UI, Prof. Dr. Terry Mart Raih LIPI Sarwono Award XVIII

 

Guru Besar Fisika FMIPA UI, Prof. Dr. Terry Mart Raih LIPI Sarwono Award XVIII

Prof. Dr. Terry Mart, guru besar sekaligus ahli fisika FMIPA UI mendapatkan penghargaan bergengsi bidang sains, LIPI Sarwono Award XVIII di  Auditorium LIPI, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2019).

Penghargaan tersebut menambah daftar panjang penghargaan yang diraihnya selama 32 tahun menggeluti fisika nuklir.

Dalam kurun waktu itu pula Prof. Terry telah diganjar banyak penghargaan sains bergengsi diantaranya Penghargaan Habibie Award (2001), Dosen berprestasi III UI (2004), Leading Scientist dari COMSTECH/Organisasi Konferensi Islam (2008), Ganesa Widya Jasa Adiutama dari ITB (2009).

Kemudian Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa dari Departemen Pendidikan Nasional (2009), Outstanding Southeast Asian Scientists dari SEA-EU-NET (South East Asia – European Union Network) (2009), dan masih banyak penghargaan lainnya.

Ratusan karya tulis ilmiah juga telah ia hasilkan dan berhasil diterbitkan di jurnal dan prosiding, baik nasional maupun internasional.

Bahkan dua karyanya terpilih untuk masuk ke dalam “The 400 most highly cited papers of all time in the nucl-th archive”, yang dikeluarkan oleh SLAC-SPIRES. Terry mengaku memang tidak bisa move on dari topik yang ia geluti lebih dari separuh usianya itu.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menilai produktivitas publikasi Prof. Terry tersebut adalah dedikasi dan kontribusi pemikiran Prof. Terry sebagai tokoh pemikir dan ilmuan berkelas dunia.

Bagi Handoko, Prof. Terry adalah sosok yang sangat konsiten dan tak pernah berdiam diri. Hasil penelitiannya yang berkaitan dengan fisika partikel dan nuklir telah dicurahkan melalui karya-karyanya.

Hingga kini, lanjut Handoko, tidak kurang 133 publikasi baik jurnal ilmiah maupun publikasi popular telah dihasilkan oleh Prof. Terry.

"Beliau juga menjadi pembicara di 62 konferensi ilmiah, baik di tingkat internasional maupun nasional," papar Handoko.

Penghargaan Sarwono Award XVIII merupakan kegiatan yang telah berlangsung sejak tahun 2001 (untuk Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture) dan 2002 (untuk LIPI Sarwono Award) ini merupakan salah satu bentuk penghargaan LIPI terhadap prestasi ilmiah dan dedikasi anak bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan upaya pendidikan publik akan pentingnya peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyiapan sumber daya manusia untuk mendukung visi Indonesia Maju dari Presiden Joko Widodo.

Kategori Target Audience: 
Kategori Konten: