Hari AIDS Sedunia 2016

 

Hari AIDS Sedunia 2016

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. Virus HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia sehingga menjadi rentan terhadap infeksi ataupun mudah terkena tumor. HIV dapat ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah dengan cairan tubuh yang mengandung HIV.

Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) setiap tahun diperingati pada tanggal 1 Desember. Peringatan Hari AIDS Sedunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1988 oleh WHO yang kemudian diambil alih oleh Joint United Nations Programme on HIV/AIDS (UNAIDS) pada tahun 1996. Peringatan Hari AIDS Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap wabah AIDS akibat penyebaran infeksi HIV dan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Setiap tahun peringatan Hari AIDS Sedunia memiliki tema yang berbeda. Untuk tema tahun ini, WHO mengusung tema “Hands up for #HIVprevention.” Melalui kampanye #HIVPrevention, akan dilakukan eksplorasi berbagai aspek pencegahan HIV dan bagaimana aspek-aspek tersebut berkaitan dangan kelompok tertentu. WHO turut mempromosikan inovasi kebijakan tes HIV, menganjurkan negara dan komunitas menggunakan layanan pencegahan, dan lebih memperluas jangkauan pengobatan dini berkualitas untuk semua kalangan.

Sumber: http://www.un.org/en/events/aidsday/

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: