Hari Hepatitis Sedunia 2016

 

Hari Hepatitis Sedunia 2016

Hepatitis merupakan peradangan pada hati (liver) yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang paling umum yakni infeksi virus berkepanjangan atau kronis. Menurut World Hepatitis Alliance, sekitar 500 juta orang terinfeksi hepatitis B atau C dan 1 dari 3 orang terpapar salah satu atau kedua jenis virus hepatitis tersebut. 

Hari Hepatitis Sedunia (World’s Hepatitis Day) setiap tahun jatuh pada tanggal 28 Juli. World Hepatitis Alliance pertama kali memperingati Hari Hepatitis Sedunia pada tahun 2008. Kemudian pada tahun 2010, PBB meresmikan peringatan Hari Hepatitis Sedunia sebagai salah satu kampanye kesehatan masyarakat global di bawah WHO.

Setiap tahun, peringatan Hari Hepatitis Sedunia digunakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap hepatitis. Selain itu, di beberapa negara dilakukan pemeriksaan dan vaksinasi sebagai upaya menurunkan angka penderita dan pencegahan dini. Pada peringatan tahun ini, WHO mengambil tema “Know Hepatitis—Act Now” untuk mengimbau pemerintah, petugas kesehatan, dan masyarakat untuk “Mengetahui Hepatitis dan Bertindak Sekarang.”

 

Sumber: http://www.who.int/campaigns/hepatitis-day/2016/event/en/

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: