Katalog 100 UKMJUWARA: Karya Kolaborasi LPEM FEB UI, UKM Indonesia, Whatsapp, dan Kemenkop UKM Promosikan UKM di Indonesia

 

Katalog 100 UKMJUWARA: Karya Kolaborasi LPEM FEB UI, UKM Indonesia, Whatsapp, dan Kemenkop UKM Promosikan UKM di Indonesia

Katalog 100 UKMJUWARA: Karya Kolaborasi LPEM FEB UI, UKM Indonesia, Whatsapp, dan Kemenkop UKM Promosikan UKM di Indonesia

 

DEPOK – (22/12/2020) Pandemi Covid-19 memang membuat banyak usaha tumbang, termasuk UMKM. Namun tidak sedikit yang walaupun sempat tumbang, memilih untuk belajar, bangkit dengan inovasi, dan gesit beradaptasi untuk menjemput pasar dengan go digital.

Ada yang kemudian jadi berhasil tumbuh gemilang, ada yang belum. Tetapi yang paling penting adalah mereka terus berjuang, karena menyerah bukan pilihan. Itulah semangat yang ingin kami sampaikan melalui Program Katalog 100 #UKMJUWARA, sebuah prakarsa kami, tim UKM Indonesia – LPEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, untuk mempromosikan kepada konsumen Indonesia, bahwa produk-produk UKM juga banyak yang keren, bisa menjadi solusi relevan untuk ragam kebutuhan, dan tentunya membuat kita #banggabuatanindonesia.

Dikemas dalam pendekatan Conversation Commerce (c-commerce), katalog ini dapat memberi kenyamanan bagi konsumen Indonesia dalam melihat, memilih, dan berinteraksi dengan para #UKMJUWARA melalui pesan WhatsApp yang dapat menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih akrab dan personal.

Sebagai komunitas pertama di dunia yang menghadirkan katalog member dalam format WhatsApp Business Catalog c-commerce s.id/UKMJUWARA dan pdf online s.id/ukmjuwara, UKM Indonesia sangat berbahagia bisa menginformasikan telah rilis Katalog 100 UKM JUWARA. Kami juga bangga, karena katalog ini adalah buah karya kolaboratif antara UKM Indonesia, para member pelaku UKM yang gesit digital, yang juga didukung oleh WhatsApp Inc dan Kementerian Koperasi dan UKM RI yang akan membantu mengamplifikasi kampanye #UKMJUWARA untuk #banggabuatanindonesia ini.

“WhatsApp berkomitmen mendukung pemerintah Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi bangsa melalui pemberdayaan UMKM. Selain program pelatihan yang telah dilaksanakan bersama UKM Indonesia, kami juga sangat mendukung pengembangan Katalog UKM JUWARA dalam membantu mempromosikan UMKM lokal. Aplikasi WhatsApp Business telah digunakan oleh jutaan UMKM di seluruh dunia dan telah membantu mereka dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan mempromosikan produk mereka.” ujar Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik, WhatsApp Indonesia.

“Produk inovatif dan kreatif dengan kandungan lokal sangat layak dikonsumsi, dijamin keren produk #ukmjuwara! Kolaboratif di sini tidak hanya dalam wujud katalog digital ini saja, tetapi dalam rangkaian dukungan produktif para pihak sehingga para UKM benar-benar menjadi JUWARA perekonomian kita”, sebagaimana disampaikan Destry Anna Sari, Asisten Deputi Pemasaran Kementerian KUKM RI.

Terima kasih kami ucapkan kepada para #UKMJUWARA yang daya juangnya telah menginspirasi kita semua. Ini adalah tahap awal perjuangan kita untuk mendukung gerakan #banggabuatanindonesia yang diprakarsai pemerintah, dan semoga dapat terus kita gaungkan bersama untuk merajut aksi kolaborasi yang lebih luas lagi.

Kepada konsumen, rekan-rekan influencer media sosial, dan juga media konvensional, mari kita ramaikan kolaborasi ini dengan membantu promosikan tagar dan tautan (link) katalog ini, atau mari bantu angkat cerita mereka masing-masing untuk mendapatkan eksposur yang lebih besar.

Bagi konsumen Indonesia, mari kita bela dan beli produk-produk UKM Indonesia yang keren-keren ini, khususnya bagi yang sedang mencari hadiah akhir tahun yang unik dan bermakna bagi orang-orang tersayang.

“Yuk, bantu share, beli, dan bela produk UKM lokal kita yang keren-keren ini. Kalau bukan kita yang mendukung kemajuan UKM dalam bangkit melawan pandemi, siapa lagi?”, ujar Dewi Meisari Haryanti, Project Leader, UKM Indonesia. (hjtp)

 

Keterangan:
UKM INDONESIA adalah sebuah komunitas dan media digital pusat informasi, pengetahuan, dan kesempatan bagi UMKM yang ingin naik kelas melalui Web Portal ukmindonesia.id. Sejak pertama diluncurkan pada September 2018, kini ukmindonesia.id telah diakses oleh lebih dari 50-70,000 pengunjung unik per minggu, dan lebih dari 10,000 pelaku UMKM anggota komunitas dan peserta program, khususnya pelatihan, workshop, dan pendampingan. Sebagai Hak Cipta milik Universitas Indonesia yang dikelola oleh LPEM FEB UI, ukmindonesia.id juga aktif mempublikasikan ragam analisis data berupa infografis, kajian, dan advokasi kebijakan untuk pemberdayaan UMKM Naik Kelas.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: