Kesehatan Anak Menjadi Awal Masa Kecil yang Bahagia

 

Kesehatan Anak Menjadi Awal Masa Kecil yang Bahagia

Anak-anak merupakan investasi masa depan bagi sebuah negara. Sebagai generasi penerus bangsa, kesejahteraan anak-anak tentu menjadi prioritas dalam pembangunan calon sumber daya manusia yang berkualitas. Peran orangtua maupun pengasuh turut menjadi kunci penting lahirnya anak-anak yang sehat.

Kesehatan sebagai salah satu kebutuhan anak masih menjadi masalah utama di Indonesia. Dalam hal pemenuhan gizi guna menunjang kesehatan anak, Indonesia tercatat masih berada di jajaran negara dengan anak berstatus gizi buruk, meskipun sudah ada perbaikan gizi balita yang ditandai dengan penurunan “stunting” (balita yang menderita tubuh pendek) dari 37,2% menjadi 29%.

Selain gizi, imunisasi juga penting diberikan pada anak guna mencegah penyakit-penyakit seperti polio, campak, tuberkulosis (TBC), rubella, dan hepatitis. Akses untuk memperoleh imunisasi pun juga difasilitasi oleh pemerintah melalui puskesmas dan rumah sakit. Meskipun demikian, menurut Riskesdas (2013) angka imunisasi tidak lengkap mencapai 32,1% dan tidak pernah diimunisasi 8,7%.

Pemenuhan gizi dan imunisasi merupakan upaya awal yang penting dalam membangun kesehatan anak. Dalam realisasinya, kedua hal tersebut masih belum secara optimal dilakukan. Meskipun demikian, pemerintah masih terus berupaya dalam meningkatkan kesehatan anak-anak. Melalui peringatan Hari Anak Nasional, pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlindungan anak Indonesia agar dapat tumbuh menjadi generasi penerus secara optimal termasuk dalam hal dukungan gizi dan imunisasi.

Upaya pemerintah dalam pemenuhan gizi sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak dilakukan dengan mensosialisasikan pola hidup sehat gizi seimbang yang dilengkapi dengan olahraga teratur dan istirahat cukup terutama pada anak–anak. Selain itu, pemerintah juga melakukan upaya kampanye imunisasi serentak untuk pencegahan penularan penyakit pada anak-anak.

Selain untuk membangun generasi penerus yang berkualitas, upaya-upaya tersebut turut mendukung hak anak untuk memperoleh masa kecil yang bahagia. Masa kecil yang bahagia akan hadir saat anak dalam kondisi sehat dengan pemenuhan gizi yang mendukung tumbuh kembang dan terbebas dari penularan penyakit.

Sumber: http://lombokita.com; https://news.detik.com

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: