KKI FEB UI Adakan Outbound Virtual bagi Mahasiswa Baru Semester Gasal 2021/2022 sebagai Syarat Transfer Lanjut Studi ke Luar Negeri

 

KKI FEB UI Adakan Outbound Virtual bagi Mahasiswa Baru Semester Gasal 2021/2022 sebagai Syarat Transfer Lanjut Studi ke Luar Negeri

KKI FEB UI Adakan Outbound Virtual bagi Mahasiswa Baru Semester Gasal 2021/2022 sebagai Syarat Transfer Lanjut Studi ke Luar Negeri

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (6/11/2021) Memasuki ajaran baru Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022, Program Studi S-1 Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (KKI FEB UI) secara rutin menyelenggarakan Outbound secara virtual, pada Sabtu (6/11/2021). Pada tahun ini, peserta terdiri dari 175 mahasiswa baru (maba) KKI angkatan 2021 dan 1 mahasiswa angkatan 2019 yang belum mengikuti Outbound pada waktu tersebut.

Kegiatan Outbound yang selama ini dilakukan secara offline dengan outing petualangan di alam bebas namun saat ini harus dilakukan secara virtual, mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih melanda. Outbound KKI FEB UI merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh maba KKI FEB UI sebagai syarat untuk memperoleh sertifikat yang akan dipergunakan untuk transfer lanjut studi ke luar negeri saat semester 6.

Di dalam Outbound, peserta diberikan aktivitas fisik dan non-fisik yang bersifat tugas individu, kelompok, dan angkatan. Adapula kegiatan mengenai koordinasi, kreativitas, dan kepemimpinan. Hal tersebut bertujuan agar para peserta bisa saling mengenal satu sama lain, melatih fokus dengan berbagai tugas yang diberikan, menjalin kerjasama, dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Pada tahun ini, Outbound Virtual KKI FEB UI menerapkan konsep 3P (People, Planet, Profit) yang harus dijalankan seluruh peserta. Konsep pertama People – para peserta secara individu diuji daya tahannya melalui lari dengan jarak 4,2 kilometer di lingkungan rumah masing-masing secara live melalui Zoom dengan diberikan batasan waktu tertentu dan dipantau oleh aplikasi lari masing-masing peserta. Sambil berlari juga harus mencari pedagang kaki lima untuk diwawancarai dan foto bersama untuk diungguh di media sosial. Selain itu, ditambahan beberapa tugas yang disampaikan secara bertahap. Masing-masing peserta didamping oleh satu fasilitator sebagai pemantau dan pemberi penilaian.

Konsep kedua Profit – seluruh peserta membentuk kelompok dengan membuat proposal proses perencanaan bisnis untuk dipresentasikan dengan tema “Pemulihan Ekonomi Masyarakat Setelah Era Pandemi Covid-19”. Tugas kelompok terbagi menjadi 4 sub Direktorat, yaitu (1) Direktorat ALPHA tentang Pendidikan; (2) Direktorat BRAVO mengenai Pariwisata; (3) Direktorat CHARLIE membahas Teknologi; (4) Direktorat DELTA membahas Kuliner. Dosen yang dibantu oleh organisasi mahasiswa KKI FEB UI menjadi juri untuk memberikan penilaian terhadap presentasi masing-masing kelompok. Hasil penilaian disetorkan ke fasilitator untuk digabungkan dengan penilaian tugas sebelumnya.

Konsep ketiga Planet – para peserta membuat tugas perencanaan aksi sosial di lingkungan kampus FEB UI dengan radius 10-15 kilometer yang tersusun seakan nyata dan dipresentasikan sebagai final project serta menjadi tugas angkatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Menurut Ketua Program S-1 Kelas Khusus International FEB UI, Isfandiary Djafaar, S.E., M.Soc.Sc., manfaat dari kegiatan Outbound ialah melatih keberanian mahasiswa untuk meminta bantuan teman dan dosen apabila mengalami kesulitan dalam menempuh pendidikan di FEB UI, menjalin silaturahmi sesama angkatan, dan membentuk kerjasama satu sama lain. Jadi, mahasiswa belajar berkompetisi namun tetap bekerjasama pada saat yang sama. Selain itu, menggali kreativitas dalam situasi serba terbatas, karena mereka akan menghadapi perkuliahan, tugas, ujian, presentasi paper, dan sebagainya namun tetap performing dan balancing antara semuanya.

“Saya berharap kegiatan outbound bagi maba KKI FEB UI harus selalu dilaksanakan setiap tahunnya sesuai SK Dekan FEB UI sebagai syarat lanjut studi ke luar negeri agar bisa lulus masa studi di S-1 KKI FEB UI. Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan selalu ingat apabila mengalami kesulitan maka ada teman dan dosen yang akan membantu. Selain itu, kami melihat maba KKI FEB UI mempunyai kemampuan luar biasa. Hal ini terlihat dari cara mereka mempersiapkan dan presentasi project yang dikerjakan secara serius meskipun tidak ada hitungan satuan kredit semester (SKS),” jelas Isfandiary.

Pada kesempatan yang sama, Event Cordinator PT Inspira Cipta Mandiri, Veri Yudianto mengatakan bahwa seiring berangsur membaiknya kondisi perekonomian setelah fase Pandemi Covid-19 dan kebutuhan akan percepatan serta perbaikan dalam bidang perekonomian kali ini para peserta mahasiswa KKI FEB UI ditantang untuk bergerak lebih cepat dengan mengaplikasikan dan membuat penerapan konsep bisnis berkelanjutan 3P (People, Planet, Profit).

“Pertama, People bertujuan agar para peserta mampu beradaptasi dengan melakukan analisis permasalahan dengan tepat serta tahap penyelesaian secara individu yang mempengarui penilaian kelompok. Kedua, Profit dengan harapan peserta tidak sekedar menyusun konsep saja namun tugas yang dibuat tersebut dapat dijalankan dengan nyata, sehingga proposal tersusun dengan data pendukung yang terperinci secara lengkap. Ketiga, Planet mempunyai harapan untuk membentuk kepedulian dan aksi sosial para peserta terhadap lingkungan sekitar. Nantinya juga diharapkan para peserta terbentuk untuk peduli terhadap kampus FEB UI dimulai dari awal tanpa harus menunggu menjadi alumni,” demikian Veri menutup sesinya.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: