Kuliah Tamu PPIM FEB UI: The New Normal Leader

 

Kuliah Tamu PPIM FEB UI: The New Normal Leader

Kuliah Tamu PPIM FEB UI: The New Normal Leader

 

DEPOK – (23/12/2020) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) FEB UI mengadakan Kuliah Tamu bersama Drs. Handoko Wignjowargo, S.E., MBA. yang merupakan Co-Founder dari MAESTRO Consulting, dengan moderator Dr. Yanki Hartijasti, Dosen FEB UI, pada Rabu (23/12/2020).

Kuliah tamu diperuntukkan bagi perkuliahan kelas Perilaku Organisasi dan Proses Perubahan dengan mahasiswa S-2 kekhususan Sumber Daya Manusia angkatan 2020. Topik yang disampaikan mengenai “The New Normal Leader”. Topik tersebut menarik bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dalam rangka kebijakan dari perusahaan terutama pimpinan dalam mengadapi kondisi pandemi Covid-19 terhadap SDM.

Pada penjelasan Handoko diawali dengan membandingkan pemahaman The Head, Heart, and Hand Transformation (November 2018) dan Transforming Beyond The Crisis with Head, Heart and Hands (September 2020) yang dibuat oleh Jim Hemerling dan timnya. Penjelasan diberikan dengan cara memberikan contoh-contoh pada beberapa perusahaan.

Kuliah Tamu tersebut diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi dengan beberapa mahasiswa yang menanyakan tentang beberapa hal, di antaranya bagaimana perusahaan menjaga ensure dan sustainability sedangkan stafnya yang melakukan WFH mengalami permasalahan terhadap mental health, karena pandemi Covid-19 dan merasa terisolir.

Handoko menjawab bahwa staf kita harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang terjadi. Selanjutnya mengenai gaya kepimpinan otokrasi dapat menghambat transformasi di era digital menurut Handoko bahwa bergantung pada siapa yang dipimpin. Kemudian pertanyaan dari mahasiswa mengenai demotivasi dalam bekerja d itengah pandemi saat ini menurut Handoko bahwa kita harus mencari kekuatan dari dalam diri sendiri dan harus bisa memotivasi diri sendiri, dalam dunia bisnis ada 3B (Bersyukur, Berharap, dan Berusaha) dengan cara yang baru. (hjtp)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: