Kuliah Umum MAKSI-PPAk. FEB UI bersama IAPI: Communicating Key Audit Matters

 

Kuliah Umum MAKSI-PPAk. FEB UI bersama IAPI: Communicating Key Audit Matters

Kuliah Umum MAKSI-PPAk. FEB UI bersama IAPI: Communicating Key Audit Matters

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (22/4/2022) Magister Akuntansi Pendidikan Profesi Akuntan (MAKSI-PPAk.) bekerja sama dengan Institusi Akuntan Publik Indonesia (IAPI) mengadakan kuliah umum “Communicating Key Audit Matters” pada Jumat (22/4). Menghadirkan pembicara Kusumaningsih Angkawijaya, M.B.A., CPA. (Ketua IAPI dan Partner KPMG Indonesia) dan pemandu acara Caecilia Westi Sekar Wangi (Mahasiswi MAKSI FEB UI Angkatan 2020).

Kusumaningsih mengutarakan, “Pada 2021, Dewan Standar Profesional Akuntan Publik menerbitkan Standar Audit (SA) 701. Pencantuman Key Audit Matters dalam laporan auditor independen merupakan suatu terobosan untuk meningkatkan nilai komunikatif dengan memberikan transparansi pelaksanaan audit yang lebih baik bagi penggunanya.”

 

Sejatinya, Standar Audit mengatur tanggung jawab auditor dalam merumuskan suatu opini atas laporan keuangan dan mengatur isi laporan auditor yang terbit sebagai hasil suatu audit. Tak hanya bagi auditor, pengomunikasian standar KAM ternyata berdampak pada berbagai pihak di ekosistem pelaporan keuangan, seperti anggota tim manajemen, komite audit, regulator, hingga investor.

Menurutnya, SA 701 merupakan standar baru, bukan sekadar pembaharuan. “Tepat sekali jika membahas topik tersebut karena memang berlaku efektif untuk audit atas laporan keuangan yang dimulai sejak 1 Januari 2022. Perubahan yang paling signifikan SA 701 terlihat pada tabel pihak yang dituju, kini opini auditor menempati paragraf pertama.”

“Beberapa negara tetangga, di antaranya Singapura, Malaysia, Thailand, Australia, Selandia Baru, sudah lebih dulu mengadopsi SA 701 yang diterbitkan oleh The International Auditing and Assurance Standards Board pada 2015,” imbuhnya.

Key Audit Matters (KAM) atau Hal Audit Utama (HAU) adalah hal-hal yang menurut pertimbangan profesional auditor merupakan hal yang paling signifikan dalam audit atas laporan keuangan periode kini. Penentuan HAU berasal dari hal yang dikomunikasikan kepada pihak penanggung jawab tata kelola.

 

Professional judgement dari auditor memegang peranan sangat penting karena perlunya berbagai pertimbangan (a decision tree) dalam menentukan HAU, mulai dari hal-hal yang auditor komunikasikan ke pihak penanggung jawab tata kelola; hal-hal yang perlu perhatian signifikan dari auditor; hingga hal-hal yang paling signifikan dalam audit.

Kusumaningsih pun membahas penerapan dan pengomunikasian HAU sesuai regulasi terbaru. ACCA Report menyatakan, 89% investor membaca laporan auditor sebelum laporan keuangan. Jadi, KAM memudahkan para investor mengidentifikasi risiko, mengambil tindakan, dan mengatasi masalah.

 

Selain itu, memberikan informasi tambahan kepada pengguna untuk memahami pertimbangan profesional auditor serta membantu komunikasi lebih baik antara auditor dan pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola. (mh)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: