Lewat Program Cinta Kampus, Mahasiswa UI Turun Tangan Bersihkan Lingkungan

 

Lewat Program Cinta Kampus, Mahasiswa UI Turun Tangan Bersihkan Lingkungan

Melalui kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU), Universitas Indonesia mengajak mahasiswa baru tahun ajaran 2014/2015 untuk mengenal lingkungan kampus melalui berbagai kegiatan positif. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan PSAU salah satunya diisi dengan Program Cinta Kampus.

Program Cinta Kampus tahun ini mengajak lebih dari 3000 mahasiswa baru untuk melakukan aksi nyata di lingkungan UI. Kegiatan tersebut bertujuan menumbuhkan kecintaan mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. Berlangsung pada 19—20 Agustus 2014, mahasiswa baru dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membersihkan danau di lingkungan UI dan Sungai Ciliwung. Ada empat danau di UI yang menjadi sasaran program ini, yaitu Danau Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam.

Sementara itu, kegiatan di Sungai Ciliwung dimulai dari ruas Jalan Akses UI. Dengan menaiki 14 perahu karet dari Kopassus, sejumlah mahasiswa UI bersama anggota Kopassus akan beriringan membersihkan sampah-sampah di sungai. Sebagian lainnya akan berjalan kaki di tepi Sungai Ciliwung. Setiap kelompok ditugaskan membawa satu buah kantong untuk mengumpulkan sampah. Sampah yang terkumpul nantinya diserahkan ke tempat pengolahan sampah milik Kopassus.

Dalam program ini, Direktorat Kemahasiswaan UI turut melibatkan berbagai pihak, antara lain Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI, dan BEM UI. Kepala Subdirektorat Olahraga dan Seni, Direktorat Kemahasiswaan UI, Albert Roring, M.Hum., berharap program ini dapat menumbuhkan kecintaan mahasiswa terhadap lingkungan yang kemudian dapat membangkitkan kecintaan kepada sesama.

“Melalui kolaborasi dan keterlibatan banyak pihak tersebut, diharapkan program cinta kampus ini juga bisa menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup Universitas Indonesia,” ucap Albert Roring. (KHN)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: