LM FEB UI Webinar: The Latest Issue Of Sloan Management Review

 

LM FEB UI Webinar: The Latest Issue Of Sloan Management Review

LM FEB UI Webinar: The Latest Issue Of Sloan Management Review

 

Depok (14/07/2020)  Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, sebagai salah satu lembaga konsultan terkemuka di Indonesia, melakukan review atas publikasi ilmiah nasional dan internasional untuk mendapatkan informasi dan insights yang relevan atas fenomena global.

Dari semua aspek yang terdampak, perekonomian menjadi aspek yang lumayan terpengaruh. Seluruh elemen di dalam perekonomian dituntut untuk melakukan penyesuaian dengan kondisi lingkungan yang terus berkembang. Berbagai perubahan pun dilakukan oleh seluruh pihak yang berperan di pasar, baik itu regulator yang menerbitkan peraturan-peraturan sesuai dengan kondisi dalam dan luar negeri, pebisnis yang terus mengimplementasikan tindakan korektif untuk tetap menjaga kelangsungan bisnisnya, serta konsumen yang mulai memiliki pola pemikiran dan pola konsumsi yang berbeda dari sebelumnya.

Fenomena tersebut menjadi suatu hal yang dianalisis oleh para akademisi bidang ilmu manajemen. Narasumber acara seri webinar  LM FEB UI ialah Sumiyarto, SE., MBA., Riani Rachmawati, SE.,MA.,Ph.D., dan Thamrin PH Simanjuntak, MM, CAAE. Diselenggarakan secara daring pada tanggal 14 Juli, 2020.

Webinar tersebut membahas kajian yang dibatasi terhadap MIT Sloan Management Review (MIT SMR) dengan artikel yang berhubungan dengan situasi pandemi global.

Selain karena MIT SMR merupakan publikasi ilmiah yang sudah dikenal dan banyak digunakan oleh akademisi di seluruh dunia, pemilihan pun dilakukan berdasarkan pertimbangan atas relevansi kategori artikel didalam MIT SMR, yang lebih terfokus dalam pembahasannya, dibandingkan dengan publikasi ilmiah lainnya yang cenderung lebih membahas hal-hal umum dalam rumpun ilmu manajemen.

MIT SMR  terbilang lebih cepat dan up-to-date dalam menerbitkan artikel yang membahas fenomena yang sedang hangat diperbincangkan.

Untuk mendapatkan hasil yang paling menggambarkan kondisi terkini, selain menggunakan artikel MIT SMR  dalam periode 2018-2020, dilakukan pula review terhadap beberapa artikel yang berhubungan dengan situasi pandemi global.

Data dihimpun secara online melalui portal resmi dari berbagai kanal database publikasi ilmiah nasional dan internasional. Periode data yang dikumpulkan adalah 2009-2020.

Riset dan kajian dilakukan untuk menghasilkan suatu publikasi ilmiah yang dapat memberikan masukan solutif bagi semua pihak yang membutuhkan di masa-masa yang krusial seperti ini.

Pencarian topik pun bersumber dari berbagai publikasi ilmiah internasional dan review atas artikel MIT SMR pada periode 2018-2020 untuk dilakukan klasterisasi atas isi artikel. Klasterisasi kemudian dianalisis untuk kemudian ditabulasi menjadi beberapa topik.

Didapatkan enam topik utama dari hasil kajian, yaitu (1) Artificial Intelligence, digitalisation, automation, (2) Culture, Leadership and Change, (3) Company strategy and disruption, (4) Miscelaneous, (5)  Innovations, dan (6) Talent management.

 Artificial Intelligence, digitalisation, automation menjadi topik yang paling banyak dibahas dalam MIT SMR. (hjtp)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: