LOGIKA UI Tahun 2020 Akan Tampilkan Cabang Lomba Baru

 

LOGIKA UI Tahun 2020 Akan Tampilkan Cabang Lomba Baru

LOGIKA (Lomba dan Kegiatan Matematika) UI 2020 akan segera digelar. Kegiatan yang dilaksanakan untuk yang ke-16 kalinya ini merupakan salah satu program kerja besar Himpunan Mahasiswa Departemen Matematika (HMDM) FMIPA UI 2019.

Sesuai dengan kepanjangannya, LOGIKA UI 2020 terbagi menjadi dua acara besar, yaitu Lomba Matematika dan Kegiatan Matematika.

Kegiatan Matematika yang dimaksud disini adalah Mathcademy, yakni kegiatan pelatihan olimpiade matematika yang ditujukan bagi siswa-siswi SMA dan sederajat.

Selain itu ada juga Logitalks, yaitu kegiatan seminar untuk masyarakat umum. Logitalks terbagi menjadi dua rangkaian, yaitu seminar nasional dan motivational show.

Seminar Nasional pada LOGIKA UI 2020 ini akan mengangkat dua tema, yaitu aktuaria dan data scientist. Sedangkan motivational show adalah kegiatan yang dapat memberikan insight kepada masyarakat umum bahwa Matematika itu bukanlah suatu hal yang sulit.

Untuk Lomba Matematika, tahun ini LOGIKA UI 2020 membuka lima cabang lomba, satu diantaranya adalah cabang baru.

Cabang lomba tersebut adalah MIC (Mathematics Individual Competition), MTC (Mathematics Team Competition), STC (Statistics Team Competition), Paper Competition, dan yang terbaru adalah AIC (Actuarial Infographic Competition).

Untuk MIC dan MTC, target pesertanya adalah siswa-siswi SMA atau sederajat, untuk STC dan Paper Competition target pesertanya adalah mahasiswa, dan untuk AIC, target pesertanya adalah masyarakat umum berusia 17 hingga 22 tahun.

Seperti yang sudah disebutkan, AIC (Actuarial Infographic Competition) ini adalah lomba ternanyar yang akan diangkat di LOGIKA UI 2020. AIC merupakan lomba infografis yang pada kontennya menampilkan aplikasi-aplikasi ilmu aktuaria, khususnya dalam pengembangan produk-produk asuransi.

Nantinya, peserta AIC akan mengirimkan hasil karya infografisnya dalam bentuk poster secara online. Pendaftaran AIC ini sudah dibuka pada tanggal 15 Oktober 2019 dan akan ditutup pada tanggal 15 November 2019.

Pendaftaran terbuka bagi siswa-siswi, dan juga para mahasiswa di seluruh Indonesia. Informasi pendaftaran dan seputar logika dapat dikases melalui website logikaui.com atau dengan mengikuti kanal sosial media instagram (@logikaui2020), OA Line (@logikaui), Twitter (@logikaui2020), dan Facebook (/logikaui) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut lagi.

Project Officer LOGIKA UI 2020, Dimas Aditya Gumilang (S1 Aktuaria FMIPA UI 2017) menekankan bahwa akan banyak keuntungan yang akan peserta dapatkan dengan turut serta mengikuti lomba ini.

Baik lomba maupun kegiatannya, kata Dimas, akan memberikan para peserta pengalaman dan ilmu pengetahuan, sekaligus berkesempatan meraih hadiah senilai total puluhan juta rupiah.

“Ya pada intinya kami, melalui kegiatan ini, ingin memberikan pengalaman yang baik untuk para pelajar mulai dari siswa siswi SMA ataupun mahasiswa di seluruh Indonesia, ,” ujar Dimas.

Kategori Target Audience: 
Kategori Konten: