LPEM FEB UI dan ANU Indonesia Project Selenggarakan The 13th Sadli Lecture

 

LPEM FEB UI dan ANU Indonesia Project Selenggarakan The 13th Sadli Lecture

LPEM FEB UI dan ANU Indonesia Project Selenggarakan The 13th Sadli Lecture

Delli Asterina~ Humas FEB UI

LPEM FEB UI dan ANU Indonesia Project menyelenggarakan acara 13th Sadli Lecture yang diadakan hari Selasa, 20 Agustus 2019 bertempat di Pullman Thamrin Hotel, Grand on Thamrin 3, Jl MH Thamrin No 59, Jakarta. Dalam beberapa dekade terakhir, pemerintah di berbagai belahan dunia, termasuk  Indonesia, telah secara dramatis mengembangkan program perlindungan sosial bagi

penduduk miskin. Indonesia sendiri telah menerapkan berbagai program perlindungan sosial dalam dua dekade terakhir, antara lain program subsidi beras (Rastra/BPNT dan  sebelumnya program Raskin and OPK); Bantuan Langsung Tunai (BLT) and Bantuan

Lansung Sementara Masyarakat (BLSM); Program Keluarga Harapan (PKH)); dan (Bantuan  Siswa Miskin (BSM). Pengembangan berbagai program perlindungan sosial bagi penduduk  miskin ini dibarengi dengan pengurangan subsidi yang diberikan kepada seluruh penduduk  di Indonesia, terutama subsidi energi.  Trend untuk beralih dari program subsidi yang  diberikan ke seluruh penduduk ke program bantuan yang diberikan kepada kepada  penduduk yang menjadi target, memperbaiki kemampuan pemerintah untuk memastikan  bahwa sumberdaya diberikan kepada mereka yang paling memerlukannya.

“Tema dari acara tahun ini adalah “Merancang Program Anti-Kemiskinan di Negara-Negara Berkembang di Abad 21: Pelajaran dari Indonesia untuk Dunia”. Dalam menavigasi dalam merancang, memilih, dan mengimplementasikan program pemerintah, program anti-kemiskinan Indonesia adalah salah satu bidang yang dirancang dan digunakan secara hati-hati dengan pendekatan berbasis data, sebagian karena komitmen yang relatif kuat dari pemerintah, lembaga internasional, dan komunitas penelitian. Kolaborasi antara para sarjana dan pembuat kebijakan adalah saling menguntungkan dalam konteks memberikan masukan dan peningkatan kebijakan, kata Ari.

“Kebijakan yang baik umumnya didorong dari penelitian berkelanjutan yang baik. Kolaborasi penelitian adalah jalur untuk menciptakan jaringan yang lebih besar dari penelitian berkelanjutan yang dibutuhkan, yang pada dasarnya dapat mengkomunikasikan penelitian kepada pembuat kebijakan dan publik. Penelitian yang baik dan lingkungan yang mendukungnya, Universitas termasuk pusat-pusat penelitian di dalamnya, adalah investasi. Ini, saya percaya semangat Kuliah Sadli, yang telah dilakukan selama 13 tahun terakhir sebagai kolaborasi antara universitas, Universitas Nasional Australia dan Universitas Indonesia,” ungkapnya.

“Sejak 2007, LPEM FEB UI dan Proyek ANU Indonesia bersama-sama menyelenggarakan seri Kuliah Sadli tahunan untuk memperluas pemahaman dan merangsang debat di kalangan akademisi dan pembuat kebijakan tentang tantangan kebijakan ekonomi utama yang dihadapi Indonesia, dengan memanfaatkan pengalaman historis Indonesia dan juga negara tetangga. negara. Dinamai untuk menghormati almarhum Profesor Mohammad Sadli, mantan direktur LPEM FEB UI, Profesor di Sekolah kami – Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, dan salah satu ekonom paling berpengaruh di Indonesia selama masa hidupnya. Untuk melestarikan warisannya untuk Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia terus membangun jaringan kami dengan komunitas internasional dan membina bakat penelitian di lembaga penelitian kami,” tambahnya.

“Saya ingin memberikan penghargaan tertinggi saya kepada Ibu Profesor Saparinah Sadli, seorang sarjana terkemuka dan istri dari almarhum Profesor Mohammad Sadli yang ada di sini bersama kami hari ini, dan kepada LPEM FEB UI dan Proyek ANU-Indonesia untuk pengaturan mereka yang luar biasa dari Kuliah Sadli ke-13. Kerja sama tiga belas tahun tentu saja merupakan keterlibatan yang cukup panjang, dan seminar ini – Kuliah Sadli – hanyalah satu dari sekian banyak kolaborasi antara Universitas Nasional Australia (ANU) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).”

“Saya juga akan berterima kasih kepada pembicara, Profesor Ben Olken, yang akan membahas makalahnya di sini, dan yang juga telah melakukan penelitian yang lama tentang pembangunan di Indonesia terutama pada program terkait kemiskinan. Profesor Olken juga melakukan penelitiannya melalui hub J-PAL SEA (Asia Tenggara) yang diselenggarakan di Universitas Indonesia sebagai bagian dari kolaborasi dengan MIT. Dan terima kasih juga atas diskusi, Firman Witoelar dan Riatu Qibthiyyah, yang juga akan membagikan pandangan dan komentar mereka pada temuan penelitian,”

“Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua, peserta dari Kuliah Sadli ke-13. Saya berharap Anda semua melakukan diskusi yang bermanfaat tentang topik, program pemerintah anti-kemiskinan, semoga untuk mengetahui dan memahami juga tantangan di depan dari apa yang telah diadopsi saat ini di Indonesia dan pada konteks global,” tutupnya.

Dalam beberapa dekade terakhir, pemerintah di berbagai belahan dunia, termasuk  Indonesia, telah secara dramatis mengembangkan program perlindungan sosial bagi  penduduk miskin.

Indonesia sendiri telah menerapkan berbagai program perlindungan sosial dalam dua dekade terakhir, antara lain program subsidi beras (Rastra/BPNT dan  sebelumnya program Raskin and OPK); Bantuan Langsung Tunai (BLT) and Bantuan  Lansung Sementara Masyarakat (BLSM); Program Keluarga Harapan (PKH)); dan (Bantuan  Siswa Miskin (BSM). Pengembangan berbagai program perlindungan sosial bagi penduduk  miskin ini dibarengi dengan pengurangan subsidi yang diberikan kepada seluruh penduduk di Indonesia, terutama subsidi energi.

Trend untuk beralih dari program subsidi yang  diberikan ke seluruh penduduk ke program bantuan yang diberikan kepada kepada penduduk yang menjadi target, memperbaiki kemampuan pemerintah untuk memastikan  bahwa sumberdaya diberikan kepada mereka yang paling memerlukannya.

Pengalihan ini juga mengurangi dampak distorsi harga, karena bantuan tunai dan perlindungan sosial menghasilkan dampak distorsi harga yang lebih kecil dibandingkan subsidi (karena subsidi  merubah harga marjinal dari produk yang disubsidi dibandingkan produk yang tidak  disubsidi).

Namun demikian, transfer yang diberikan kepada sebagian penduduk yang menjadi  target pemberian bantuan sosial menimbulkan tantangan kebijakan lain.  Misalnya, bila bantuan hanya diberikan kepada penduduk miskin, bagaimana kita mengidentifikasi rumah  tangga mana yang miskin dan berhak memperoleh bantuan, jenis bantuan apa yang harus  diberikan: uang tunai, bantuan berupa barang, atau jenis bantuan lainnya.  Selain itu, terkait implementasi dan pengawasannya, bagaimana kita memastikan bahwa bantuan telah  diterima oleh mereka yang berhak. Tentunya, ada juga pertanyaan apakah program  bantuan sosial benar-benar dapat mengurangi kemiskinan dan memperbaiki kesejahteraan  penduduk.

Dalam kuliah umum Sadli ke-13, Profesor Ben Olken menjelaskan hasil dari lebih satu dekade kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam upaya menjawab tantangan tersebut di atas, terutama dalam pemanfaatan hasil penelitian menggunakan metode evaluasi acak (randomized control trials).

Profesor Olken memfokuskan presentasinya pada upaya melakukan penargetan penduduk, dan pentingnya informasi tangible tentang hak dari penerima bantuan, agar tidak terjadi kebocoran dengan pemberian bantuan.

 Pentingnya dampak bantuan tunai langsung dalam jangka menengah juga akan dibahas, bersamaan dengan berbagai hasil dari studi empiris yang relevan bagi pengembangan kebijakan.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: