Mahasiswa Baru FISIP UI Jalani Kegiatan PSAF

 

Mahasiswa Baru FISIP UI Jalani Kegiatan PSAF

Sebanyak kurang lebih 500 mahasiswa baru FISIP UI menjalani program Pengenalan Sistem Akademik Fakultas. Acara yang juga biasa disebut PSAK FISIP UI itu diadakan dalam tiga rangkaian acara yaitu Pra-PSAK pada 29 Juli 2016, PSAK pada 15--16 Agustus 2016, dan 18--20 Agustus 2016.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam PSAK FISIP UI. Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah mentoring terpusat sebagai rangkaian PraPSAK. Sementara, pada rangkaian puncak PSAK ada kegiatan pengenalan sistem akademik fakultas dan juga pengenalan kehidupan kampus. Pengenalan sistem akademik fakultas dilakukan untuk mengenalkan jajaran dekanat dan seminar dari pihak dekanat.

Selain pengenalan mengenai sistem akademik, mahasiswa baru juga diajak mengenal kehidupan kampus. Mengenai hal itu, para panitia mengadakan sesi diskusi bersama para mentor PSAK. Mentor-mentor tersebut adalah mahasiswa senior yang akan berbagi mengenai budaya serta kehidupan yang ada di kampus FISIP UI. Untuk semakin memperkuat budaya FISIP, mahasiswa baru juga dikenalkan dengan gerakan #SATUFISIP yaitu gerakan yang menjadi penyatu mahasiswa FISIP UI dalam mengikuti kegiatan organisasi maupun dalam kompetisi olahraga, seni budaya serta akademis di lingkungan universitas.

Puncak kegiatan PSAF FISIP UI dilaksanakan pada 20 Agustus 2016. Pada hari ini, mereka diajak untuk berparade berjalan mengelilingi kampus FISIP UI dengan rute FISIP-FIB-FH-F.Psi. Di sepanjang perjalanan, iring-iringan tersebut dipimpin sebuah mobil bak terbuka yang sekaligus menjadi panggung orasi mahasiswa. Kegiatan ini sekaligus mencerminkan kegiatan PSAK tahun ini yang membawa nilai “Dekat, Jujur dan Berkesan”.

Farhan Dailamy, salah satu dari tiga Ketua Pelaksana PSAK FISIP UI 2016, mengatakan bahwa kegiatan parade tersebut dilakukan untuk mengajak mahasiswa FISIP UI 2016 berani untuk menyuarakan pendapatnya di depan umum. “Namun selain mengajak berani berorasi, kami juga mengajak mereka mengkritisi terlebih dahulu soal isu yg akan dibahas,” kata mahasiswa program studi Ilmu Politik angkatan 2011 ini.

Pengenalan Sistem Akademik Fakultas adalah kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru. Lewat kegiatan ini, mahasiwa baru FISIP UI diharapkan mampu beradaptasi sehingga dapat menjalani aktivitas perkuliahan dengan baik.

Kategori Target Audience: 
Kategori Konten: