Mahasiswa FIK Membuat Program untuk Menumbuhkan Sikap Peduli pada Anak

 

Mahasiswa FIK Membuat Program untuk Menumbuhkan Sikap Peduli pada Anak

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah salah satu program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas mahasiswa Indonesia. PKM juga merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang sudah dimiliki dan dapat menjadi salah satu bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat sekitar mahasiswa.

Salah satu kelompok PKM Pengabdian Masyarakat (PKM M) FIK UI yang beranggotakan Amelia Maharani Kartika (FIK UI 2015)Nurma Rizqiana (FIK UI 2015)Selita Restuningtyas (FIK UI 2015), dan Intan Mulia Sari (FIK UI 2014) berkesempatan mendapatkan Hibah Dana dari Dikti untuk melaksanakan program yang telah dirancang kelompok, yaitu Pengedukasian Pertolongan Pertama sebagai Sarana Penumbuhan Sikap Peduli untuk Meningkatkan Sikap Tanggap Anak. Program tersebut dilaksanakan dalam jangka waktu 5 bulan dengan bimbingan Dr. Nani Nurhaeni, S.Kp., M.N. dari Departemen Keperawatan Anak FIK UI.

Program tersebut dilaksanakan di SD Muhammadiyah 03 Depok. Pemilihan sekolah dilakukan berdasarkan hasil pengisian kuesioner awal yang telah disebarkan sebelumnya pada tanggal 21 Maret 2016. Pihak sekolah menyambut sangat baik Program Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang ditawarkan. Siswa kelas 5 (lima) SD sebagai sasaran edukasi turut menyambut program ini dengan antusias.

Pelaksanaan program dilakukan dengan memberikan materi mengenai pertolongan pertama, demonstrasi, dan evaluasi. Materi edukasi P3K yang diberikan antara lain Konsep Pertolongan Pertama pada Anak Usia Sekolah Dasar, Standar Isi Kotak P3K serta Kegunaannya, Penanganan saat Anak Jatuh, dan Penanganan Mimisan. Pelaksanaan kegiatan berlangsung dari bulan Maret hingga Juni 2016.

Pada sesi evaluasi, diumumkan dua siswa dengan nilai terbaik yang menjadi “Duta Ners Kecil” untuk ikut memberikan sosialisasi di sekolah lainnya di Depok. Hasil akhir yang diharapkan yaitu anak dapat meningkatkan perilaku peduli dengan menerapkan pertolongan pertama secara tepat, dan sikap tanggap pada anak dapat ditingkatkan.

1     2

3     4

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: