Mahasiswa FKUI Gelar Bakti Sosial di Banten

 

Mahasiswa FKUI Gelar Bakti Sosial di Banten

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal di Desa Harjawana, Lebak, Banten.

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat, 21 Juni 2019 ini merupakan bentuk kerja sama antara Badan Eksekutif Mahasiswa Ikatan Keluarga Mahasiswa (BEM IKM) FKUI dengan BEM Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI).

Antusias warga untuk mengikuti kegiatan bakti sosial sudah terlihat sejak pagi. Hal ini dibuktikan dengan padatnya antrian warga yang ingin mendaftar. Tercatat sebanyak 91 orang memeriksakan kesehatannya secara gratis.

Pengobatan massal terdiri atas skrining, pemeriksaan, dan penyerahan obat. Kegiatan ini melibatkan 23 mahasiswa FKUI dan dokter-dokter yang merupakan alumni FKUI.

“Warga awalnya akan datang dan mendapatkan nomor antrean. Setelah dipanggil, kami akan melakukan skrining terlebih dahulu, yang terdiri atas pengukuran tekanan darah, berat badan, dan tinggi badan,” ujar Elsa Hedia, ketua acara pengobatan massal. “Selanjutnya, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. Di pengobatan massal ini kami bekerja sama dengan 5 alumni FKUI serta didampingi oleh 2 residen program spesialis FKUI dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak dan Departemen Ilmu Penyakit Dalam. Kemudian, pasien diberikan obat sesuai yang sudah diresepkan dokter. Kami ada instalasi farmasi juga dengan obat-obatan yang sudah kami siapkan dan bawa dari Jakarta.”

Sementara itu, Koordinator Bidang Sosial Politik BEM IKM FKUI, Nico Gamallielkepada Humas FKUI mengatakan bahwa pengobatan massal ini tidak akan terwujud tanpa adanya kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak. Tidak hanya kerja sama antar mahasiswa FKUI, tapi juga kerja sama dengan mahasiswa dari fakultas lain dan pengurus lingkungan sekitar.

“Kami sangat senang bisa menyelenggarakan sebuah program bermakna dengan prinsip kolaborasi untuk menghasilkan sesuatu yang baik bagi masyarakat,” ucap Nico.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan ini adalah upaya dari para mahasiswa untuk membawa dan mengamalkan apa yang telah mereka dapat dan pelajari di kampus. Kegiatan yang baik untuk mengasah kepekaan sosial ini pun diharapkan dapat membawa kebaikan kepada masyarakat.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: