Mengenal Lebih Dekat Program Kelas Khusus Internasional FEB UI 2020

 

Mengenal Lebih Dekat Program Kelas Khusus Internasional FEB UI 2020

Mengenal Lebih Dekat Program Kelas Khusus Internasional FEB UI 2020

 

 Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok –  Kelas Khusus Internasional, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (KKI FEB UI), turut ramaikan open house Kelas Internasional UI, yang diprakarsai oleh Kantor Humas UI secara daring pada hari Sabtu, (20/06/2020).

Open House Kelas Internasional UI (OH KKI UI) merupakan agenda tahunan UI yang memaparkan informasi mengenai  penerimaan jalur masuk, fakultas dan jurusan kelas khusus Internasional  di Universitas Indonesia. Mengingat situasi pandemi, maka  Open House KKI  berganti menjadi Open House Virtual Session International  Class. Acara ini dipandu oleh Rini Febriani dari Humas UI.

Sesi sharing dari Isfandiary Djafaar, S.E., M.Soc.Sc., Ketua Program Kelas Khusus International FEB UI, memaparkan mengenai program pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia bekerja sama dengan universitas mitra yang ada diluar negeri. Ada  dua program kerja sama, yaitu single degree (satu gelar dari UI) dan double degree dengan 2 tahun belajar di UI dan 2 tahun di universitas mitra luar negeri, sehingga mendapatkan dua gelar sekaligus. Jalur dual degree dilaksanakan dengan  4 semester di UI (72 SKS) dan 4 semester di universitas mitra, atau 5 semester (setara 78 SKS) di UI dan 3 semester di universitas mitra. Gelar yang diperoleh: SE (Sarjana Ekonomi dari FEB UI)  dan Bachelor of Commerce/ Economics / Finance / Business Management / Science dari universitas mitra.  

Untuk dual degree, KKI FEB UI memiliki beberapa partner, diantaranya Australia: University of Melbourne, University of New South Wales, University of Queensland, University of Adelaide dan yang terbaru The Australian National University; di New Zealand: Victoria University of Wellington, di Netherlands: University of Amsterdam, Tilburg University, University of Groningen, dan di United Kingdom: University of Birmingham.

Sedangkan jalur single degree : 1 semester (semester ke 6) kuliah di luar negeri, dengan  3 pilihan spesialisasi: Ekonomi Keuangan (Ekonomi), Manajemen Bisnis Internasional (Manajemen), dan Akuntansi (Akuntansi). Gelar yang diperoleh adalah: SE (Sarjana Ekonomi) dari UI.

Dual Degree FEB UI – Fast Track S1-S2:

  • 8 semester (144 SKS), maksimal 10 semester
  • Sepenuhnya berdasarkan prestasi dan kuota
  • Jumlah SKS di S1 KKI tergantung pada jumlah SKS di Program S2 (36/38/40 SKS)
  • Berlaku untuk semua program magister, kecuali Program MM Eksekutif dan Program Pascasarjana Manajemen non-reguler
  • Gelar yang diperoleh: SE (Sarjana Ekonomi) dan Magister (MM / ME / MEKK / M Ak / MSM / MSE / MS Ak)

 

Keuntungan kuliah di KKI bagi mahasiswa, tentunya dapat memperluas pengetahuan dan pengalaman hingga ke beberapa negara, menambah jaringan, memudahkan bekerja di luar negeri ketika sudah lulus, sebagian besar diajar oleh tenaga pendidik Indonesia dengan menggunakan bahasa inggris.

Mengenai tes masuk, teknis pelaksaanaan ujian dikerjakan secara online/daring dari mana saja. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh mendekati hari pelaksanaan ujian, melalui akun penerimaan.ui.ac.id.  Pertimbangan untuk pemilihan mitra partner dipilih dari program kuliah yang diambil.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi informasi kepada peserta calon mahasiswa, serta memberi kesempatan calon mengenal lebih dekat program studi di Universitas Indonesia, untuk mempersiapkan diri melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: