Menteri LHK Ajak Ratusan Siswa SD Menanam Pohon di UI

 

Menteri LHK Ajak Ratusan Siswa SD Menanam Pohon di UI

Sabtu (28/3/2015), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., dan Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, bersama dengan 700 peserta yang terdiri atas siswa SD, mahasiswa UI, dan masyarakat melakukan kegiatan penanaman pohon di kampus UI, Depok, dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional 2015.

Penanaman ini terselenggara atas kerja sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, UI, Yayasan Kehati, dan Komunitas Peduli Lingkungan. Pada perayaan Hari Hutan Internasional 2015 ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan UI terkait penelitian dan pengembangan lingkungan hidup dan kehutanan.

Pohon-pohon yang ditanam di hutan UI adalah jenis-jenis pohon asli Indonesia bagian barat seperti Meranti-merantian dan jenis-jenis buah langka seperti Kemang, Kepel, Kupa Gowok, dan Bisbul. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap implementasi UU No. 26/2007 tentang Penataan Ruang dengan target yang ingin dicapai Pemerintah adalah luas ruang terbuka hijau paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota.

Pada acara penanaman tersebut, Siti Nurbaya memaparkan bahwa perayaan Hari Hutan Internasional 2015 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang peran hutan dalam menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca yang berpengaruh dalam dinamika perubahan iklim dunia.

Lebih lanjut, Muhammad Anis menyampaikan, “UI mendukung sepenuhnya pelestarian serta peningkatan jumlah luas ruang terbuka hijau di DKI Jakarta serta kota satelitnya seperti Depok. UI senantiasa menjaga kelestarian Hutan Kota UI dengan mengelola lingkungan hutan dan area terbuka hijau secara mandiri. Namun UI juga membuka peluang kerja sama dengan instansi yang peduli terhadap lingkungan seperti kegiatan penanaman pohon kali ini yang sepenuhnya didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Kegiatan penanaman pohon di Hutan Kota UI sejalan dengan upaya UI mendorong terciptanya green campus serta pendidikan lingkungan bagi masyarakat, terutama mahasiswa UI dan pelajar pada umumnya.” (Egia)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: