Primary tabs

Pekan Komunikasi 2017 Resmi Dimulai!

 

Pekan Komunikasi 2017 Resmi Dimulai!

Acara tahunan yang selalu ditunggu mahasiswa-mahasiswi Ilmu Komunikasi dari berbagai kampus di Indonesia resmi dimulai pada Senin (17/4). Bertempat di Auditiorium Gedung Komunikasi, acara ini dibuka oleh Nara Pernama, Project Officer Pekom 2017 dan Bhakti Eko, M.A. selaku Koordinator bidang Kemahasiswaan FISIP UI.

Tahun ini, Pekan Komunikasi UI mengangkat tema “Tell A Tale”. Semua peserta diwajibkan membuat karyanya untuk menceritakan hal-hal di dunia industry kreatif menggunakan transmedia storytelling.

Acara pembukaan Pekan Komunikasi (Pekom) diisi dengan bedah tema. Panitia menghadirkan tiga pembicara yang membahas dua tema besar. Pada sesi pertama bertajuk Small-“Media”-Large hadir Erwin Panigoro, Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UI dan Gerald Sebastian, Alumni Ilmu Komunikasi FISIP UI Angkatan 2012 yang juga co-founder kanal YouTube Kok Bisa? Mereka membahas tentang transmedia yang digunakan pada industry kreatif yang berhubungan dengan dunia Ilmu Komunikasi pada saat ini.

Selain itu, hadir juga Tania Amalia, Public Relation Director Leo Burnett Indonesia. Tania membahas tentang profesionalisme yang harus ditunjukkan dalam setiap kegiatan. Tania menekankan pentingnya pemahaman diri dan bagaimana cara mepresentasikan diri di depan public utamanya saat melamar pekerjaan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Pekom hanya melombakan empat bidang lomba. Media Matters, perlombaan untuk peminatan kajian media dihapuskan. Empat bidang yang masih dilombakan adalah PR Vaganza dari peminatan Hubungan Masyarakat, AdWar dari peminatan periklanan, Creabo dari peminatan penyiaran, dan Journalight dari peminatan jurnalisme. Selanjutnya, acara ini berlangsung selama sepekan dari 17—21 April 2017.

Setiap mata lomba menyajikan perhelatan yang seru, dimana hanya ada lima finalis yang masuk ke tahap final setelah melalui babak penyisihan. Kelima finals dari tiap-tiap mata lomba juga berhak mengikuti rangkaian acara seperti lokakarya, seminar, dan kunjungan ke berbagai macam industri media, seperti Net TV, Hakuhodo Ad Agency, PT Garuda Indonesia, dan Vice.

 

Para finalis Pekan Komunikasi tahun ini dating dari 13 kampus di Insonesia. Kampus-kampus yang ikut berpartisipasi adalah Institut Kesenian Jakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Kalbis Institute, Universitas Kristen Petra, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Gadjag Mada, Universitas Telkom, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Surabaya, serta tuan rumah Universitas Indonesia. 

Kategori Target Audience: 
Kategori Konten: