Pelantikan Dekan FEB UI Periode 2021–2025, “Membangun FEB UI, Rumah yang Inklusif, Relevan dan Bereputasi”

 

Pelantikan Dekan FEB UI Periode 2021–2025, “Membangun FEB UI, Rumah yang Inklusif, Relevan dan Bereputasi”

Pelantikan Dekan FEB UI Periode 2021–2025, “Membangun FEB UI, Rumah yang Inklusif, Relevan dan Bereputasi”

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (10/12/2021) Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., melantik enam Dekan Baru Periode 2021–2025 secara hybrid (online dan offline) di Fakultas masing-masing dan ruangan Pimpinan UIpada Jumat (11/12). Dekan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah salah satu yang dilantik.

Teguh Dartanto, Ph.D., ditetapkan sebagai Dekan FEB UI Periode 2021–2025 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UI Nomor 2262/SK/R/UI/2021, setelah melalui serangkaian proses seleksi, dimulai dari tingkat Fakultas hingga proses asesmen di level universitas. Dalam proses pemilihan tersebut, publik juga diberikan kesempatan untuk memberikan asupan terhadap para calon Dekan.

Pada pidato  pelantikan, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro mengatakan, kehadiran para Dekan Fakultas tersebut diharapkan memberi semangat baru bagi UI yang sedang bertransformasi memasuki era entrepreneurial university. Perubahan dunia yang sangat cepat hingga memerlukan proses adaptasi yang ekstra, teknologi informasi yang kian mendominasi setiap elemen kehidupan, situasi kampus yang makin dinamis, memerlukan kerja keras dan kerja smart dari para Pimpinan Fakultas. Perjalanan memasuki fase baru bagi UI ini tentu bukan perkara mudah dibandingkan dengan era traditional university/conservative university.

“Solusi atas perubahan di sekeliling kita adalah dengan kemampuan membaca situasi dan adaptif terhadap gejolak perubahan. Saya yakin, jika kita semua memiliki persamaan dan keyakinan membawa UI menuju ke arah yang lebih baik, maka harapan itu bukan sekadar mimpi. Peranan Dekan dalam menakhodai Fakultas sangat diharapkan, sehingga UI sebagai kapal besar kita akan tiba di tujuan,” kata Prof. Ari.

Ramah tamah setelah Pelantikan Dekan FEB UI, berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, secara hybrid dan mematuhi prokes. Turut hadir adalah Ketua Senat Akademik Universitas Indonesia, sivitas akademika FEB UI terdiri dari Dewan Guru Besar, Senat Akademik Fakultas, Ketua Departemen, Ketua Program Studi, Manajer dan Kepala UKK, Dosen, Tendik, Mahasiswa, dan Alumni, baik  secara fisik maupun daring.

Teguh Dartanto, dalam pidato Ramah Tamah Pelantikan Dekan FEB UI, menuturkan “Ketika berdiri di Auditorium ini, saya teringat kenangan 23 tahun yang lalu ketika menjalani orientasi mahasiswa baru dan hari ini semesta telah memilih saya untuk menjalankan amanah sebagai Dekan Terpilih FEB UI Periode 2021-2025. Tidak ada yang bisa mencegah takdir semesta. Apa yang hari ini terjadi, semata-mata karena pertolongan dan dukungan dari orang-orang tercinta, sahabat, kolega dan pastinya adalah kehendak yang Maha Kuasa.”

Teguh, juga meminta dukungan lahir dan batin dari semuanya, agar bisa menunaikan amanah yang dititipkan. Menurut Teguh, agenda pertama dan utama adalah memastikan bahwa FEB UI unggul di nasional, memperoleh Triple Crown Accreditations, serta meningkatkan posisi Ranking Internasional.

Beban sejarah kebesaran masa lalu dan peranan besar alumni di masa kini, memberikan tantangan besar bagi FEB UI untuk terus menegakkan dan mengukir sejarah-sejarah baru di masa depan. FEB UI harus selalu adaptif dan relevan menyiapkan diri menyongsong masa depan yang lebih cerah (bright future) tanpa harus meninggalkan sejarah (history) dan capaian/warisan (legacy).

“Kami memanggul beban berat untuk memenuhi harapan dan aspirasi dari para stakeholders, baik pejabat struktural, dosen, tendik, mahasiswa dan pemangku kepentingan untuk bergandengan tangan, bekerja keras penuh keikhlasan, berinovasi tanpa rasa takut, gesit dan tangkas menghadapi perubahan, saling mendukung satu sama lain demi satu cita-cita kejayaan FEB UI tercinta. Dengan transformational leadership, teamwork dan entrepreneurial mindset, kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, mari bersama-sama membangun FEB UI rumah untuk semua, rumah yang Inklusif, Relevan dan Bereputasi,” demikian Teguh menutup sambutannya. (hjtp)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: