Pelatihan Model Praktik Keperawatan Profesional Jiwa

 

Pelatihan Model Praktik Keperawatan Profesional Jiwa

Bencana yang tidak habis-habisnya, baik yang disebabkan oleh manusia maupun kejadian alam, merupakan sumber stresor yang dapat mengakibatkan terjadinya berbagai masalah kesehatan jiwa dari yang ringan sampai yang berat. Masalah kesehatan jiwa ringan contohnya psikososial dan psikosomatis sementara masalah kesehatan jiwa berat, misalnya depresi dan psikosis. Masalah kesehatan jiwa berat dapat terjadi apabila orang yang mengalami masalah psikososial tidak ditangani dengan baik. Penanganan masalah kesehatan jiwa yang cepat dan tepat memungkinkan hasil yang baik.

Kesinambungan pelayanan kesehatan jiwa telah dimulai di Indonesia. Bentuk pelayanan yang diterapkan adalah pelayanan kesehatan jiwa di masyarakat (Community Mental Health Nursing). Pelayanan CMHN bertujuan agar pasien jiwa yang tidak tertangani di masyarakat akan dirujuk ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik bahkan yang spesialistik. Berdasarkan hal tersebut maka dibutuhkan suatu program inovasi di area rumah sakit jiwa, salah satunya adalah pengembangan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP).

Berlatar belakang hal tersebut, Divisi Ventura Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia bekerjasama dengan RS Marzoeki Mahdi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Model Praktik Keperawatan Profesional Jiwa pada Selasa-Kamis, 9-11 September 2014 di RS Marzoeki Mahdi, Bogor. Pelatihan ini menghadirkan narasumber pengembang program MPKP Jiwa di Indonesia, di antaranya: Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc; Dr. Novi Helena C. D, S.Kp., M.Sc; Dr. Mustikasari, S.Kp., MARS; Akemat, S.Kp., M.Kes; Ice Yulia Wardhani, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.J; dan Yossie Susanti Eka Putri, S.Kp., MN.

Metode kegiatan pelatihan MPKP Jiwa terdiri dari ceramah, diskusi, studi kasus, role play, bed side teaching, dan praktikum lapangan di RS Marzoeki Mahdi, Bogor. Materi yang disampaikan di antaranya: manajemen keperawatan ruang model praktik keperawatan profesional jiwa: compensatory reward; hubungan profesional (professional relationship); dan manajemen asuhan keperawatan.

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: