Pemkab Gowa Gandeng UI Kerja Sama di Bidang Pendidikan

 

Pemkab Gowa Gandeng UI Kerja Sama di Bidang Pendidikan

Selasa (24/3/2015), Pemerintah Kabupaten Gowa menandatangani nota kesepakatan bersama dengan Universitas Indonesia. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., dan Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo, di Gedung PAU, Kampus UI, Depok. Dalam kunjungannya ke UI, Ichsan didampingi sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, di antaranya kepala dinas dan camat.

Dalam pertemuan tersebut, Ichsan menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Gowa lewat pendidikan. Pemkab Gowa berkomitmen, salah satunya, untuk memberikan beasiwa penuh bagi mahasiswa asal Gowa yang dapat diterima di UI. Komitmen ini diharapkan dapat mendukung program-program pendidikan yang telah dijalankan Pemkab Gowa selama ini.

Muhammad Anis menyambut baik kunjungan Pemkab Gowa ini. Menurut Anis, pendidikan perlu memegang peran penting dalam pembangunan bangsa dan negara. Ia berharap, baik UI maupun Pemkab Gowa dapat saling mendukung dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Lebih lanjut, Ichsan menyebutkan bahwa komitmen Pemkab Gowa di bidang pendidikan antara lain dilakukan dengan memberikan pendidikan gratis di Gowa dari tingkat SD hingga SMA sejak 2007. “Tidak ada sekecil apa pun biaya anak-anak untuk sekolah, mulai dari SD sampai dengan SMA, termasuk swasta dan madrasah,”  ungkapnya.

Terkait dengan kerja sama dengan UI, sejak 2014, Pemkab Gowa memiliki program investasi sumber daya manusia. Bekerja sama dengan sejumlah universitas, termasuk UI, Pemkab Gowa memberikan beasiswa penuh bagi siswa di Gowa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di luar Gowa. Beasiswa tersebut mencakup beasiswa biaya pendidikan dan biaya hidup. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia di Gowa. SDM terdidik tersebut nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi Gowa.

 

Penulis: R. A. Khairun Nisa

Editor: Inung Imtihani

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: