Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Bangsa

 

Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Bangsa

Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) adalah kegiatan yang ditujukan bagi mahasiswa baru Universitas Indonesia. Kegiatan ini menjadi salah satu prasyarat untuk mendapatkan status Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Aktif UI. Rangkaian OKK UI yang tahun ini mengangkat tema “Kolaborasi untuk UI dan Indonesia” dibuka dengan acara talkshow pada Kamis (21/8/2014).

Talkshow tersebut menghadirkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Rakyat Indonesia (DPD RI), Irman Gusman, S.E., M.B.A., sebagai pembicara. Dalam paparannya terkait “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Bangsa di Era Globalisasi”, ia mengungkapkan bahwa mahasiswa sebagai kaum terdidik mempunyai tugas menjadi motor perbaikan dan kemajuan bangsa. “Mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan yang diharapkan dapat membawa Indonesia maju bermartabat,” ungkapnya.

Memasuki era globalisasi, sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan. ASEAN Economic Community (AEC) yang mulai berlaku pada 2015 mau tidak mau membuat Indonesia harus siap bersaing. Apabila kualitas SDM tidak ditingkatkan, Indonesia akan gagal bersaing dengan sesama negara ASEAN. Sumber daya alam serta potensi pasar yang dimiliki Indonesia akan dimanfaatkan oleh negara lain apabila SDM Indonesia tidak dapat bersaing.

Di depan 8000 mahasiswa baru, senator yang berasal dari Sumatera Barat ini juga memaparkan bahwa salah satu permasalahan terbesar Bangsa Indonesia adalah kurangnya rasa percaya diri. Potensi Bangsa Indonesia sangat besar dan sudah sepantasnya masyarakat optimis dalam persaingan dengan bangsa lain. Menurut Irman Gusman, selain kemampuan intelektual, kepercayaan diri, keberanian untuk bermimpi, semangat serta doa adalah modal utama kemakmuran sebuah bangsa. (IRH)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: