Peresmian Ruang Moot Court FHUI

 

Peresmian Ruang Moot Court FHUI

Jumat (12/9/2014), Pejabat Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., bersama Dekan FHUI, Prof. Topo Santoso, M.H., Ph.D., meresmikan ruang pengadilan semu (moot court) Hj. Hafni Sjahruddin, S.H., M.H. Nama Hafni Sjahruddin digunakan sebagai nama moot court baru tersebut untuk mengenang jasa besar serta dedikasinya sebagai dosen FHUI. Selain Rektor UI dan Dekan FHUI, acara peresmian dihadiri pula oleh para dosen, guru besar, alumni, dan mahasiswa FHUI. Acara yang diawali dengan pembacaan doa pembuka ini berlangsung khidmat.

Topo Santoso menyampaikan kata sambutan yang berintikan dua hal. Pertama, cikal bakal renovasi ruangan yang bertransformasi menjadi ruang moot court dan tujuan didirikannya ruangan ini. Dekan FHUI menyatakan bahwa FHUI memiliki impian untuk mendirikan tiga moot court dan perlahan mimpi tersebut terwujud dengan didirikannya moot court kedua ini. Tujuan pendirian ruang pengadilan semu tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan alumni dalam praktik hukum.

Ruang pengadilan semu Hafni Sjahruddin didirikan dengan donasi dari sejumlah alumni FHUI, yaitu PDD Dermawan, Soenardi Pardi, dan Richard Adam. Sebagai perwakilan donatur, Richard Adam meberikan sambutan. Ia menyampaikan bahwa donasi ini adalah bagian dari peran alumni dalam memajukan pendidikan. Di samping itu, pendirian moot court adalah kado pembuka untuk FHUI yang akan berulang tahun Oktober mendatang.

Selaku Rektor UI, Muhammad Anis juga memberikan sambutan dan memberikan apresiasi kepada alumni FHUI atas sumbangsih yang diberikan untuk memajukan almamater. Menurutnya, tiga pilar yang membuat UI menjadi yang terbaik adalah para dosen, alumni, dan mahasiswa. Muhammad Anis mengimbau para alumni untuk menyumbangkan pikirannya demi kemajuan bersama dan berharap dengan adanya moot court baru, mahasiswa FHUI dapat meningkatkan jiwa kompetitif dan menjadi pribadi-pribadi unggul di dunia kerja nanti.

Puncak acara yang berupa pengguntingan pita oleh Rektor UI dan Dekan FHUI menjadi simbol bahwa Ruang Pengadilan Semu Hj. Hafni Sjahrudin S.H., M.H. resmi menjadi bagian penting FHUI dalam merangkai prestasi dan mencetak lulusan terbaik di masa mendatang. (KLM)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: