Podcast Idekonomi dengan LD FEB UI: “Mereka yang Terlupakan saat Pandemi”

 

Podcast Idekonomi dengan LD FEB UI: “Mereka yang Terlupakan saat Pandemi”

Podcast Idekonomi dengan LD FEB UI: “Mereka yang Terlupakan saat Pandemi”

 

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

DEPOK – (28/8/2020) Idekonomi berkolaborasi dengan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), membahas studi terbaru LD FEB UI bersama dengan UNESCO, yang berjudul “Mereka yang Terlupakan saat Pandemi”, ditayangkan melalui via podcast Idekonomi.

Pembicara pada popcast ini ialah dua peneliti LD FEB UI, yaitu Diahhadi Setyonaluri dan Rachmat Reksa Samudra yang membahas secara mendalam mengenai timpangnya manfaat yang diterima warga dari program pemerintah yang merespon pandemi ini.

Angka kasus Covid-19 terkonfirmasi positif di Indonesia terus mengalami tren peningkatan. Hingga 27/8, angka tersebut telah mencapai lebih dari 160.000 kasus. Indonesia sendiri resmi menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus tertinggi di Asia Tenggara, bersama dengan Filipina.

Pandemi yang semakin parah di Indonesia tidak hanya berdampak pada munculnya krisis kesehatan, namun juga krisis perekonomian. Untuk itu, pemerintah secara aktif terus menggulirkan bantuan sosial dan juga program dukungan yang diharapkan dapat membantu warga dalam merespon kesulitan ekonomi dan kesehatan yang dihadapi.

Beragamnya kesulitan yang dialami oleh warga mendorong pentingnya agar setiap program bantuan selama pandemi dapat disasar dengan baik. Diahhadi dan Resa mendiskusikan siapa saja yang lebih membutuhkan bantuan serta manfaat dari program yang ada tersebut.

Menurut Diahhadi, “Dengan keterbatasan physical space diprioritas kepada yang membutuhkan bantuan disaat seperti ini yakni kelompok perempuan miskin dan kelompok penyandang disabilitas yang rentan/miskin, karena kedua kelompok ini yang paling membutuhkan karena sulit menerima akses kesehatan, butuh intensive care,” simpul Diah.

Diharapkan kedepannya , masih ada improvement untuk kebijakan-kebijakan baru yang dapat membantu kelompok rentan yang membutuhkan bantuan ini agar kebijakan berikutnya bisa lebih inklusif dan benar-benar bisa tepat sasaran.

Selengkapnya di bit.ly/spotify-idekonomi

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: