PPIA dan LPEM FEBUI Selenggarakan Tax Research Sharing

 

PPIA dan LPEM FEBUI Selenggarakan Tax Research Sharing

PPIA dan LPEM FEBUI Selenggarakan Tax Research Sharing

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi dan Tax Education and Research Center – Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (TERC-LPEM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menyelenggarakan webinar  mengenai Tax Research Sharing melalui aplikasi zoom, pada Kamis (18/6/2020).

Ada 4 pembicara pada sharing sesion ini diantaranya, Gamma Noviantara selaku staf Kementeriaan Keuangan (alumnus FEB UI 2018) dan Vid Adrison selaku Kaprodi Ilmu Ekonomi, serta ketiga dosen departemen akuntansi lainnya seperti Eko Wisnu Warsitosunu, Panggah Tri Wicaksono dan Dahlia Sari yang dimoderatori oleh Fahrul Ismaeni selaku Manager SDM FEB UI.

Acara diawali dengan sambutan oleh Teguh Dartanto, Ph.D selaku Wakil Dekan I FEB UI, yang mengatakan “Saya sangat mengapresiasi acara ini, sebelumnya saya perkenalkan dahulu, TERC FEB UI ini merupakan bagian dari upaya FEB UI untuk mendorong kolaborasi antara dari 3 departemen yaitu ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen dalam melakukan diseminasi terkait dengan penelitian, pendidikan dan pelatihan dalam isu perpajakan. Pembicara yang sangat beragam ini adalah kombinasi yang luar biasa, yang sangat komprehensif pembahasanya menjadi pembelajaran kita bersama mengenai isu-isu tax. Intinya kita mengucapkan selamat berdiskusi, semoga menambah ilmu, menambah jaringan, dan untuk memperbaiki hasil studi maupun diseminasi, agar publik tau, bahwa pembahasan ini sudah dibahas di Indonesia. Terima kasih kehadiran para partisipan bapak/ibu sekalian,” sambut Teguh.

Sambutan kedua dilanjutkan oleh Chritien TjenS.E., Ak., M.Int.Tax, CA., selaku Wakil Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan LPEM FEB UI., “Terkait dengan acara tax research, Ini adalah acara regular yang diadakan oleh TERC FEBUI, karena kita memiliki misi terkait dengan edukasi dan juga riset, jadi sharing session ini untuk mendukung misi kita dibidang riset. Jadi kita akan sharing mengenai penelitian-penelitian terkait dengan perpajakan. Semoga partisipan yang hadir ini dapat bermanfaat, selamat menikmati acara ini semoga berguna untuk kehidupan selanjutnya,” ujarnya.

Sharing session  pertama oleh Gamma mengenai Tariff, Enforcement, And Trade Gap: Evidence Of Tariff Evasion From Monthly Singapore-Indonesia Bilateral Trade Data yang merupakan hasil tesisnya pada tahun 2018 bekerja sama dengan Vid Adrison yang merupakan mentor dalam melakukan penelitian ini.  Penelitian Gama dan Vid mengenai definisi dari evasion, menentukan tarif & korelasinya dengan evasion, serta mendefinisikan penegakan & dampaknya pada evasion. Studi ini menunjukkan bahwa tingkat tarif berkorelasi positif dengan kesenjangan perdagangan. Untuk mengetahui adanya evasion, dapat melakukan 2 cara yakni dengan pendekatan detect evasion dan pendekatan potential tax base.

Sharing selanjutnya oleh Eko Wisnu Warsitosunu mengenai The Relationship Of Firm Characteristics On Corporate Tax Non-Compliance. Riset ini ialah hasil disertasi  yang masih sedang berjalan. Framework yang dipakai menggunakan Personal Tax Compliance, Corporate Tax Compliance serta Corporate Tax Avoidance.

Spekear selanjutnya dari Panggah Tri Wicaksono, sedang mengemban pendidikan program doktoral dalam perpajakan di University of Canterbury, Christchurch, New Zealand. Materi yang berjudul Integrating Tax Education into the Tertiary Education Curriculum: A Case Study of IndonesiaMerupakan proposal riset yang belum diujikan, memiliki tujuan penelitian, menggali bagaimana para pembuat kebijakan merancang kerangka umum untuk mengintegrasikan pendidikan pajak ke dalam kurikulum pendidikan tersier dan  lembaga pendidikan tinggi tertentu mengembangkan dan menerapkan kerangka kerja kurikulum pajak tertentu, dengan mempertimbangkan tingkat otonomi tertentu.

Speaker terakhir dari Dahlia Sari, berbagi penelitiannya yang berjudul Transfer Pricing Practices and The Specific Anti-Avoidance Rule in Asian Developing Countries. Mengambil objek penelitian yang bertujuan untuk menguji timbulnya penghindaran pajak internasional dalam bentuk praktik harga transfer, serta mencari pengaruh Specific Anti Avoidance Rule (SAAR) dalam mencegah praktik penetapan harga transfer.(hjtp)

Acara diakhiri dengan tanya jawab dari partisipan. Diharapkan sharing session ini dapat bermanfaat. Link video tax research sharing session dapat dllihat di link berikut :

https://www.youtube.com/watch?v=LScwr-uXNPs

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: