Promosi Doktor PPIA FEB UI, Kaji Pengungkapan Sukarela Integrated Reporting dan Perannya Sebagai Pemediasi

 

Promosi Doktor PPIA FEB UI, Kaji Pengungkapan Sukarela Integrated Reporting dan Perannya Sebagai Pemediasi

Promosi Doktor PPIA FEB UI, Kaji Pengungkapan Sukarela Integrated Reporting dan Perannya Sebagai Pemediasi

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (5/5/2021) Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Megawati Oktorina (1606940130) secara daring, pada Rabu (5/5/2021). Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovenda, berjudul “Pengungkapan Sukarela Integrated Reporting: Studi Lintas Negara Atas Determinan, Manfaat Ekonomis Bagi Investor, dan Perannya Sebagai Pemediasi”.

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Dr. Beta Yulianita Gitaharie, dengan pembimbing, Dr. Sylvia Veronica NPS  (Promotor)Desi Adhariani, Ph.D. (Ko-Promotor 1)Dr. Aria Farah Mita (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Ratna Wardhani (Ketua Penguji), Dr. Darminto, Prof. Roy Sembel, Ph.D., Dr. Djoni Hartono, dan Elvia Rosantina, Ph.D.

Penelitian promovenda Megawati bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang determinan dan manfaat dari kualitas pengungkapan sukarela Integrated Reporting  (IR) bagi investor, dan  dalam memediasi hubungan antara determinan dan manfaat ekonomis.

Sampel penelitian diperoleh dari perusahaan-perusahaan yang masuk ke dalam Integrated Reporting Examples Database pada website International Integrated Reporting Council (IIRC), kecuali negara Afrika Selatan dan Brazil yang sudah menyusun IR secara mandatori. Periode penelitian dari 2014-2017, dengan menggunakan content analysis untuk mengukur kualitas pengungkapan IR, terdiri dari 34 item yang berasal dari prinsip dan elemen IR dan dipublikasikan oleh IIRC (2013).

Hasil penelitian menunjukkan beberapa determinan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pengungkapan sukarela IR, yaitu persaingan pasar produk yang berasal dari new entrants, existing rivals, dan kompetensi akuntansi level negara. Semakin ketat persaingan pasar produk dari new entrants dan meningkatnya kompetensi akuntansi, akan mendorong perusahaan untuk menerapkan International Integrated Reporting Framework (IIRF) dalam laporannya. Sedangkan, semakin ketat persaingan pasar produk yang berasal dari existing rivals akan menurunkan perusahaan dalam menerapkan IIRF.

Selain itu, penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh yang signifikan dari reputasi perusahaan terhadap kualitas pengungkapan sukarela IR. Hasil penelitian membuktikan secara empiris, bahwa semakin tinggi kualitas pengungkapan sukarela IR  semakin meningkat keakuratan ramalan analis, efisiensi investasi, dan stock return. Kualitas pengungkapan sukarela IR memiliki peran penting dalam memediasi pengaruh tidak langsung persaingan pasar atas produk, kompetensi akuntansi level negara terhadap keakuratan ramalan analis, efisiensi investasi, dan stock return.

Penelitian menggunakan diffusion of innovation theory dalam melihat penerapan IIRF pada laporan perusahaan. Hasil penelitian menjawab adanya inkonklusifitas pada hubungan antara persaingan pasar produk dan keakuratan ramalan analis (Haw et al., 2015). Penelitian ini membagi persaingan pasar produk menjadi 2, diantaranya new entrants dan existing rivals. Kedua jenis persaingan ini memiliki dampak yang berbeda jika dihubungkan dengan praktik pengungkapan sukarela IR. Selain itu, perbedaan hasil penelitian terdahulu terkait pengaruh kedua variabel tersebut  belum menyoroti efek mediasi dari kualitas pengungkapan informasi.

Sebagai konsekuensi, penelitian ini memberikan implikasi bagi pemerintah dan penyusun standar untuk meningkatkan kompetensi para akuntan melalui keanggotaan pada professional accountancy organization ataupun melalui pelatihan dan seminar terkait topik IR, sebagai salah satu cara mempraktekkan penerapan IR. Selain itu, implikasi bagi Perguruan Tinggi adalah untuk mempertimbangkan agar materi tentang IR dimasukkan dalam kurikulum  program akuntansi, agar meningkatkan pemahaman para calon akuntan tentang pelaporan ini.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Doktor Megawati Oktorina (1606940130) dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-82 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Doktor Megawati Oktorina! (hjtp)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: