Promosi Doktor PPIM FEB UI, Kaji Pengaruh Brand Orientation dengan Moderasi Organization Change Readiness

 

Promosi Doktor PPIM FEB UI, Kaji Pengaruh Brand Orientation dengan Moderasi Organization Change Readiness

Promosi Doktor PPIM FEB UI, Kaji Pengaruh Brand Orientation dengan Moderasi Organization Change Readiness

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (23/12/2020) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Rudy Tobing (14066665306) secara daring, pada Rabu (23/12/2020).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, dengan pembimbing, Prof. Dr. Suroso (Promotor), Dr. Rizal Edy Halim (Ko-Promotor 1), Dr. M. Gunawan Alif (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ketua Penguji), Dr. Asnan Furinto, Daniel Tumpal H. Aruan, Ph.D., Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D., dan Dr. T. Ezni Balqiah.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Pengaruh Brand Orientation dengan Moderasi Organization Change Readiness di Dalam Meningkatkan Brand Equity pada Brand Corporate di Indonesia”. Teknologi telah mengubah perilaku masyarakat dunia. Sejak satu dekade terakhir ini penggunaan internet melalui smartphone dan komputer oleh konsumen telah meningkatkan secara esksponensial bila dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

Fakta empiris menunjukan brand sebagai alat pembeda yang efektif bagi suatu brand terhadap brand lainnya. Pada tahun 2018 tingkat penetrasi pengguna internet Indonesia termasuk yang tertinggi di Asia, dengan 54,68 persen pengguna dari 262 juta penduduk Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan relasi positif antar laten variabel laten brand orientation, terhadap brand equity, baik secara internal dan eksternal organisasi, dengan kebaharuan variabel moderasi organization change readiness pada perusahaan business to business (B2B), khususnya Internet Service Provider (ISP) di negara berkembang.

Metodologi Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan hipotesis hubungan relasi antar variabel laten penelitian dengan teknik pengumpulan data melalui survei online mengikuti metode purposive sampling kepada 68 responden yang sah, untuk dilakukan analisis lanjutan bagi jumlah sampel kecil menggunakan metode Partial Least Square (PLS).

Hasil penelitian menunjukkan diterimanya parsial hipotesis relasi pada brand commitment terhadap internal brand equity dengan moderasi organization change readiness terbukti memberikan pengaruh kepada internal brand equity di organisasi. Hasil analisis menunjukan tidak ada efek langsung moderasi organization change readiness terhadap internal brand equity; juga analisis tidak terbukti adanya efek langsung internal brand equity dan brand equity.

Penelitian menyarankan pentingnya memanfaatkan peranan dari pendekatan yang memanfaatkan visualisasi informasi yang direkam dalam memori otak manusia cara efektif untuk mencapai kinerja optimal brand equity di internal dan eksternal perusahaan.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Rudy Tobing (14066665306) dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-289 Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Rudy Tobing! (hjtp)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: