Promosi Doktor PPIM FEB UI: Pemulihan Citra Destinasi Wisata Terdampak Bencana Melalui Penggunaan Destination Story dan Penciptaan Narrative Engagement

 

Promosi Doktor PPIM FEB UI: Pemulihan Citra Destinasi Wisata Terdampak Bencana Melalui Penggunaan Destination Story dan Penciptaan Narrative Engagement

Promosi Doktor PPIM FEB UI: Pemulihan Citra Destinasi Wisata Terdampak Bencana Melalui Penggunaan Destination Story dan Penciptaan Narrative Engagement

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (18/8/2022) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Fatimah Abdillah, pada Kamis (18/8).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. Sylvia Veronica Nalurita Purnama Siregar, dengan pembimbing Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Promotor), Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Dr. Asnan Furinto (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Rustam Didong (Ketua Penguji), Daniel Tumpal Hamonangan Aruan, Ph.D., Gita Gayatri, Ph.D., Dr. Hariyadi BS. Sukamdani, dan Dr. Rifelly Dewi Astuti.

Pada sidang terbuka ini, Dr. Fatimah Abdillah mengangkat disertasi yang berjudul Pemulihan Citra Destinasi Wisata Terdampak Bencana Melalui Penggunaan Destination Story dan Penciptaan Narrative Engagement. Promovenda Fatimah Abdillah melakukan penelitian dengan menjelaskan storytelling merupakan bagian dari teknik branding yang dapat diterapkan untuk mengembangkan destinasi. Namun, penelitian tentang pengaruh destination story terhadap perubahan dinamis dari citra destinasi (kognitif dan afektif) selama krisis Covid-19 masih kurang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran narrative engagement dalam membangun citra positif destinasi dan behavioral intentions selama krisis Covid-19. Sementara, penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dari 769 responden dengan kriteria tertentu melalui scenario-based survey. Ada beberapa tahapan analisis pada awal penelitian untuk mengembangkan cerita destinasi. Penelitian menggunakan structural equation modelling untuk menganalisis hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa authenticity, conciseness, dan reversal cerita destinasi mempengaruhi pembentukan narrative engagement. Citra destinasi memediasi hubungan antara narrative engagement dan behavioral intention. Studi ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis untuk pemasaran pariwisata.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Fatimah Abdillah lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-305 Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Fatimah Abdillah!

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: