Prosedur Baku Layanan Legalisasi Dokumen Akademik Universitas Indonesia

 

Prosedur Baku Layanan Legalisasi Dokumen Akademik Universitas Indonesia

1. Pesanan legalisasi dokumen akademik dilakukan secara online melalui aplikasi Layanan Dokumen Akademik Universitas Indonesia dengan alamat http://yandok.ui.ac.id. Pemesan/alumni melakukan registrasi pemesanan dengan melengkapi semua informasi yang diminta. Jika mengalami kesulitan, pemesan/alumni dapat menghubungi atau meminta bantuan kepada petugas loket layanan di Direktorat Pendidikan atau dapat menghubungi: 021-7867222 ext 100026, 100032.

2. Pada saat melakukan registrasi pemesanan, pemesan/alumni akan memperoleh nomor kode pesanan. Notifikasi nomor kode pesanan akan dikirim ke alamat email yang dirujuk pada saat melakukan registrasi. Untuk mempercepat notifikasi, masukkan alamat email aktif yang sering dipergunakan. Catat dengan baik nomor kode pesanan yang diperoleh karena nomor kode pesanan akan diperlukan untuk proses verifikasi dokumen, dan untuk mengecek status pesanan. Ikuti tahapan registrasi pemesanan sesuai petunjuk/informasi yang tertera dalam aplikasi Layanan Dokumen Akademik Universitas Indonesia.

3. Setelah melaksanakan registrasi pemesanan, pemesan/alumni harus menunjukkan dokumen asli yang akan dilegalisir kepada petugas loket layanan di Direktorat Pendidikan untuk proses verifikasi/otentikasi. Pemesan/alumni belum bisa melakukan pembayaran legalisasi apabila dokumen asli belum diverifikasi. Besaran biaya legalisasi yang dikenakan adalah Rp.5000,- per lembar untuk semua jenis dokumen yang legalisir.

4. Pada proses verifikasi/otentikasi, petugas layanan akan mengubah status pesanan pada aplikasi yandok, dan akan menggandakan (memfotokopi) dokumen sebanyak yang diminta sesuai pesanan. Pemesan/alumni hanya menyerahkan dokumen akademik yang asli, tidak perlu membawa salinan (fotokopi) dokumen.

5. Setelah dokumen asli selesai diverifikasi dan digandakan, petugas layanan akan menyerahkan kembali dokumen asli disertai lembar bukti pesanan yang dibubuhi paraf petugas loket pelayanan kepada pemesan/alumni. Mohon pemesan/alumni tidak meninggalkan dokumen asli di loket pelayanan. Jika petugas pelayanan lupa mengembalikan dokumen asli dan/atau lembar bukti pesanan, mintalah kepada petugas loket layanan. Lembar bukti pesanan diperlukan untuk pengambilan pesanan yang sudah selesai.

6. Langkah selanjutnya adalah pembayaran pesanan legalisasi dengan cara transfer atau host to host melalui mesin ATM/teller/Internet Banking yang disediakan oleh bank yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia (BNI 46, BRI, Bank Mandiri, BTN, CIMB Niaga, Bukopin, dan Bank Permata). Pergunakan nomor kode pesanan sebagai pengganti NPM, ikuti tahapan proses pembayaran sesuai panduan pembayaran. Jika pemesan/ alumni tidak melakukan pembayaran dalam jangka waktu 2 (dua) pekan sejak tanggal pemesanan, pesanan akan dianggap batal dan pemesan/alumni harus melakukan registrasi pesanan baru.

7. Pesanan akan diproses setelah pemesan/alumni melakukan pembayaran. Untuk pesanan legalisasi akan selesai paling cepat dalam waktu 5 (lima) hari kerja setelah tanggal pembayaran, dan untuk pesanan terjemahan akan selesai paling cepat dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah tanggal pembayaran. Alumni/pemesan dapat mengecek status pesanan melalui http://yandok.ui.ac.id dengan menggunakan kode pemesanan dan passkey. Dalam kondisi banyak pemesanan (overload), proses penyelesaian pesanan bisa melebihi jangka waktu 5 (lima) hari atau 7 (tujuh) hari setelah tanggal pembayaran.

8. Pemesan/alumni dapat mengambil pesanan apabila proses legalisir telah selesai dan siap diambil, dengan menunjukkan lembar bukti pesanan dan resi bukti pembayaran. Karena keterbatasan ruang dan tempat penyimpanan, pengambilan berkas legalisiran paling lama 2 (dua) bulan sejak tanggal pemesanan. Berkas legalisiran yang tidak diambil lebih dari 2 (dua) bulan akan dimusnahkan dan tidak ada pengembalian dana yang telah dibayarkan.

9. Pengaduan dan masukan dapat disampaikan melalui email ke yandok@ui.ac.id. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama pemesan/alumni.

Direktorat Pendidikan Universitas Indonesia

sumber: https://yandok.ui.ac.id/default/index

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Tags: