Seminar Nasional "Mewujudkan Indonesia Maju 2030: Mungkinkah?"

 

Seminar Nasional "Mewujudkan Indonesia Maju 2030: Mungkinkah?"

Jakarta, 22 Oktober 2014 - Dalam rangka mengetahui peran dan strategi para stakeholder untuk mewujudkan Indonesia Maju 2030, serta memberikan masukan pada pemerintahan mendatang, maka Program Studi Ilmu Lingkungan (PSIL) Universitas Indonesia mengadakan seminar nasional yang melibatkan kalangan akademisi, pemerintah, pengusaha, dan kelompok masyarakat dengan tema “Mewujudkan Indonesia Maju 2030 Melalui Pembangunan Berkelanjutan”, pada hari Rabu, 22 Oktober 2014 di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jalan Salemba Raya No.28 A, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peserta seminar berjumlah 200 orang yang terdiri atas pengambil kebijakan di pusat dan daerah, praktisi bidang sumber daya alam dan lingkungan, akademisi, mahasiswa serta penggiat LSM.

Tujuan dari seminar nasional ini yaitu: (1) mengetahui konsep mewujudkan Indonesia Maju 2030 melalui pembangunan berkelanjutan, (2) mengetahui strategi dan upaya untuk pengelolaan sumber daya alam Indonesia dalam kerangka pembangunan berkelanjutan, (3) mengetahui strategi dan upaya peningkatan kualitas SDM Indonesia yang kompetitif, kreatif, inovatif, dan berjiwa entrepreneurship untuk mengelola sumber daya alam dalam kerangka pembangunan berkelanjutan, (4) mengetahui strategi dan upaya peningkatan kelembagaan dan good governance untuk pengelolaan sumber daya alam dalam kerangka pembangunan berkelanjutan, dan (5) memberikan masukan pada pemerintahan mendatang dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju melalui pembangunan berkelanjutan.

Prof. Emil Salim, MA., Ph.D. sebagai Keynote Speech berbicara tentang mewujudkan Indonesia maju 2030 melalui pembangunan berkelanjutan berdasarkan keunggulan kompetitif dan komparatif Indonesia, yaitu: (1) tantangan sumber daya manusia dan sumber daya alam Indonesia serta perekonomian dunia dan perubahan iklim global, (2) target Indonesia maju yang diinginkan, dan (3) strategi dan upaya pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia maju. Pembicara lainnya Prof. Dr. Rokhmin Dahuri berbicara tentang penyeimbangkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan berkelanjutan, Dr. HC. Chairul Tanjung berbicara tentang pengembangkan SDM kompetitif, kreatif, inovatif dan berjiwa entrepreneurship yang berwawasan lingkungan, dan Prof. Dr. Eko Prasojo berbicara tentang penguatan kelembagaan dan good governance untuk pengelolaan sumber daya alam dalam kerangka pembangunan berkelanjutan, Sesi terakhir adalah Rekomendasi untuk sinergitas mewujudkan Indonesia Maju 2030, oleh PSIL-UI untuk memberikan masukan pada pemerintahan baru.

 

Perpanjangan pendaftaran sampai dengan tanggal 19 Oktober 2014 via email: mesi1701@yahoo.com atau ndflormoni@gmail.com

 

 

Media Contact:

Tyas Humas Pasca Sarjana UI

Telp. 08128246972

Email: tyaskwj@ui.ac.id

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: 
Tags: