Sharing Session 7 : “Design The Learning Program”

 

Sharing Session 7 : “Design The Learning Program”

Sharing Session DSDM UI kembali digelar dengan topik “Designing Learning Program” yang dibawakan oleh Kepala Seksi Pengembangan SDM, Muhamad Wirawan Putra dan Wiyasti Dwiandini

Pada sesi ke 7 Sharing Session ini membahas cara yang tepat untuk mendesain program pengembangan/pembelajaran karyawan. Agar program pengembangan karyawan tepat sasaran, perlu diketahui terlebih dahulu kompetensi karyawan dan kompetensi yang dipersyaratkan dalam suatu jabatan/posisi. Setelah itu, perlu dilakukan assesment untuk mencari seberapa besar gap  yang ada antara kompetensi karyawan dengan kompetensi jabatannya. Jika terdapat gap kompetensi, di sinilah peran dari program pengembangan, yaitu untuk menghilangkan gap tersebut

Kompetensi sendiri dapat diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku pribadi yang diperlukan oleh setiap pegawai untuk melaksanakan pekerjaan secara efektif dan mempengaruhi kinerja seseorang, muncul dalam bentuk perilaku yang dapat diukur dan ditingkatkan melalui program pengembangan. Definisi tersebut dikutip dari SK Rektor No. 0482/SK/R/UI/2017 tentang Penetapan Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti untuk Tenaga Kependidikan Di Lingkungan Universitas Indonesia Tahun 2017.

Terdapat beberapa metode pengembangan yang sering digunakan, antara lain job enlargement, job rotation, project assignment, communication forum, on the job training, coaching, class based training, conference, dan sebagainya. Pemilihan metode pengembangan disesuaikan dengan sasaran dari program pengembangan.

Gap antara kemampuan karyawan dengan bidang/jabatan yang sedang ditekuni. Untuk itulah kemudian dilakukan assesment untuk mencari seberapa besar gap  yang terjadi sehingga bisa di lakukan training/learning untuk mengurangi gap tersebut.

Saat ini, DSDM UI sedang gencar untuk meningkatkan kompetensi karyawan dengan beberapa pelatihan untuk karyawan tetap UI baik PNS ataupun Non PNS.

Sharing Session ini diadakan pada hari Jumat, 14 Juli 2017 di Ruang Rapat BPMA, Gedung PA UI lantai 8. Sebagai program yang bertujuan untuk meningkatakan pengetahuan karyawan akan berbagai bidang, maka kegiatan ini dilaksanakan tiap hari Jumat dua minggu sekali dengan pemateri yang membawakan topik yang berbeda-beda. Adapun jadwal dan materi diumumkan melalui SIPEG dan poster yang ditempel di PA UI.

(wn/mwp)

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: