Summer Camp 2015 - FASILKOM UI

 

Summer Camp 2015 - FASILKOM UI

Mengikuti kesuksesan program Summer Camp sebelumnya, pada tahun ini Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) kembali mengadakan kegiatan Summer Camp 2015. Summer Camp merupakan bentuk perwujudan visi Fasilkom UI untuk melahirkan lulusan yang mampu bersaing di pasar global dan meningkatkan kekuatan riset di bidang teknologi informasi melalui kerjasama antara Industri dan akademik. Untuk itu, Summer Camp 2015 secara aktif menjalin kerjasama dengan industri-industri. Pada tahun ini beberapa industri yang turut berpartisipasi dalam Summer Camp 2015 adalah IBM, kudo, SIRCLO, eComindo, WINCOR NIXDORF, Elevenia, SAP, 2359Media, Dicoding, Microsoft, dan SAMSUNG.

Summer Camp 2015 akan dibuka oleh Dr. Petrus Mursanto (Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Fasilkom UI) pada tanggal 15 Juni 2015 pukul 09.00 WIB di Auditorium Fasilkom UI, Depok. Tahun ke- 3 Summer Camp ini, akan diadakan pada tanggal 15 Juni – 4 Juli 2015. Dengan mengusung tema Enhancing Competitiveness through University-Industry Partnership, Summer Camp 2015 meliputi lima kategori program yakni Project Workshop, Training Program, Seminar, Joint Research, dan Excursion.

Project Workshop merupakan kegiatan pengembangan produk teknologi, seperti aplikasi, yang menggunakan teknologi terbaru dengan supervisi dari ahli industri terkait. Terdapat dua project workshop, yaitu pengembangan game menggunakan Unity bersama Microsoft Indonesia dan pengenalan Bluemix, cloud platform technology bersama IBM. Dengan project workshop ini, diharapkan mahasiswa dapat mengenal teknologi terbaru dan membuat produk dari teknologi tersebut untuk dipublikasikan ke umum.

Program Training merupakan program pelatihan teknologi yang ditujukan untuk mengenalkan mahasiswa akan teknologi terkini yang populer digunakan oleh industri. Perbedaannya dengan workshop, training lebih fokus pada pengembangan keahlian daripada pembuatan produk. Terdapat tiga program training yaitu training SAP CodeJam on HANA, training pengembangan aplikasi mobile dengan IBM Mobile First, dan training E-Commerce Development dengan SIRCLO.

Program Seminar merupakan program yang menghadirkan pembicara-pembicara handal yang berasal dari berbagai industri dan perusahaan ternama, seperti Samsung SRIN, Kudo, Wincor Nixdorf, dan Ecomindo Saranacipta. Tema yang diusung dalam program seminar ini adalah “How to Shine Your Future Career in IT: Startups and IT Professional”. Samsung akan mengisi seminar mengenai pengembangan karir sebagai IT professional  sementara Kudo dan Wincor Nizdorf akan melakukan sharing mengenai seluk beluk IT Startup di Indonesia. Pada seminar ini mahasiswa juga bisa mengumpulkan CV sehingga acara seminar ini menjadi kesempatan langka bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu baru sekaligus mendaftar bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mengamati suasana kerja di perusahaan secara langsung melalui program Excursion. Pada program excursion, mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi Kudo, perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dan pembayaran online. Selain program-program pelatihan dan excursion tersebut, untuk meningkatkan kualitas riset di bidang IT, Summer Camp 2015 mengadakan Joint Research dengan perusahaan e-commerce yang sukses mengembangkan bisnisnya dan mampu bersaing dengan online store dalam 2 tahun terakhir, yaitu Elevania. Melalui Joint-research ini diharapkan menjadi titik pembuka bagi Fasilkom UI untuk menjalin kerjasama-kerjasama riset yang lebih lanjut.

Informasi lebih lengkap mengenai Summer Camp 2015 dan proses pendaftarannya bisa ditemukan di http://summercamp.cs.ui.ac.id/.

 

Contact person:

Imairi Eitiveni

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Telp. 021-7863419 ext.3310

Email: summercamp@cs.ui.ac.id

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: