Tangan Turbo: Kuman Mati, Kita Sehat!

 

Tangan Turbo: Kuman Mati, Kita Sehat!

Pada hari Kamis, 30 Maret 2017, Mahasiswa Program Profesi Ners FIK UI melakukan kegiatan pendidikan kesehatan pada anak usia sekolah. Mahasiswa melakukan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang secara khusus mengangkat topik mengenai kebersihan tangan. Kegiatan ini mengangkat tema Tangan Turbo: Kuman Mati, Kita Sehat! Acara berlangsung di SD Negeri Curug 2, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai aksi nyata untuk mewujudkan perilaku hidup siswa-siswi yang bersih dan sehat. Hal ini didasarkan pada hasil survey dan wawancara sebelumnya kepada para siswa di sekolah tersebut yang teridentifikasi masalah kesehatan berupa defisit kesehatan komunitas.

Acara berlangsung mulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB, dimulai dengan pembukaan oleh pembimbing lapangan dan sambutan dari perwakilan guru. Metode penyuluhan dilakukan dengan beragam bentuk kegiatan. Materi disampaikan melalui media video, dilanjutkan dengan demonstrasi cuci tangan dengan 6 langkah bersama-sama. Selain itu, terdapat games tentang kesehatan. Di akhir acara, seluruh siswa menunjukkan kampaye komitmen untuk melakukan kebersihan tangan dengan mencuci tangan 6 langkah yang diwujudkan melalui kegiatan mencap tangan bersama. Acara ditutup dengan foto bersama, penyerahan media publikasi cuci tangan berupa sticker 6 langkah cuci tangan, dan sambutan penutup dari perwakilan guru.

1     2     3

4     5     6

 

 

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: