Tim UI Juarai Kompetisi Debat Mahasiswa Tingkat Nasional

 

Tim UI Juarai Kompetisi Debat Mahasiswa Tingkat Nasional

Universitas Indonesia berhasil menjuarai kompetisi debat tingkat nasional yang diadakan oleh Political Communication Institute (PolcoMM Institute) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Quest Hotel, Bali, pada tanggal 22-23 April 2015. Dalam kompetisi ini, tim debat UI berhasil mengalahkan tim debat dari Universitas Padjajaran di tahap final.

Tim debat UI terdiri atas Patty Regina (Ilmu Hukum, FH 2011), Badai Yuda Pratama (Ilmu Administrasi, FISIP 2012), Rio Trimono (Geografi, FMIPA 2011). "Materi yang diangkat pada sesi final adalah soal wacana hukuman mati bagi para koruptor," ujar Patty, perwakilan tim debat UI.

Kompetisi ini diikuti 23 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk memperebutkan piala Kemenpora. Setiap kampus dapat mengirimkan dua tim dengan anggota setiap kelompok sebanyak tiga orang.

Kompetisi debat ini dilaksanakan dengan sistem Asian Parliamentary (3-on-3) lewat tiga babak penyisihan. Setelah itu, diambil empat tim dengan perolehan nilai tertinggi untuk bertanding di babak semifinal. Dua tim pemenang bertanding di babak final untuk memperebutkan gelar juara.

Menurut Patty, hal terberat yang harus mereka persiapkan dalam kompetisi debat ini adalah mentalitas. “Karena dalam satu hari kami harus debat tiga ronde terus-menerus dengan lawan yang berbeda. Waktu persiapan sebelum debat pun hanya diberikan tujuh menit saja setelah pengundian posisi dan mosi,” jelasnya.

Namun, menurut Patty, semuanya dapat dilewati dengan konsistensi dan pemahaman materi yang baik. Untuk mencapai hal tersebut, Patty dan tim banyak membaca berbagai isu yang sedang hangat diberitakan dan melakukan riset untuk delapan mosi yang akan diperdebatkan.

Patty berharap, dengan kemenangan tim UI ini, mahasiswa-mahasiswa UI yang lain akan tergerak untuk lebih berpartisipasi aktif dalam kompetisi debat bertemakan politik atau hukum. “Karena ajang-ajang seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan generasi muda tentang isu-isu bangsa yang perlu menjadi perhatian,” ujarnya.

 

Penulis: Wanda Ayu

Kategori Target Audience: 
Kategori Fakultas: 
Kategori Konten: